Apa penyebab patah tulang tangan?

Ketika tulang tangan patah, perawatan harus diberikan dengan segera. Jika dibiarkan, kemungkinan terjadi perubahan posisi pada tulang atau sambungannya bisa saja dialami meskipun sudah sembuh. Apa penyebab patah tulang tangan?

Benturan langsung pada tangan bisa menjadi salah satu penyebab dari patah tulang tangan. Demikian juga dengan cedera. Beberapa penyebab umum dari kondisi ini, antara lain:

Jatuh
Ketika jatuh, tangan umumnya akan terulur untuk menahan tubuh. Inilah yang dapat menyebabkan bagian tangan atau pergelangan lebih rentan patah.

Kecelakaan Kendaraan Bermotor
Kasus patah tulang tangan akibat kecelakaan kendaraan bermotor bisa menyebabkan pecahan atau patahan tulang menjadi beberapa bagian. Terkadang, penyebab yang satu ini memerlukan prosedur bedah untuk memperbaiki tulang yang patah.

Cedera Saat Olahraga
Olahraga yang rentan benturan juga sering menjadi alasan di balik terjadinya patah tulang. Contohnya, sepak bola, futsal, basket maupun rugby.

Jenis olahraga yang memungkinkan seseorang terjatuh dengan kondisi tangan terulur, seperti skating, pun bisa menyebabkan patah tulang pada tangan.

Jika memiliki penyakit penipisan tulang (contohnya osteoporosis) dan melakukan olahraga kontak, risiko untuk mengalami patah tulang pun akan turut meningkat.