Apa Penyebab Mulut Anak Anjing Berbau?

Anak Anjing dengan tingkah lucunya membuat kita menjadi gemas, namunapa yang terjadi jika Mulut Anak Anjing Berbau?

Napas anak anjing normal sampai 12 minggu. Beberapa orang menyukainya. Tetapi jika Anda mengira napas anak anjing Anda sangat buruk, inilah yang harus Anda ketahui.

Ada napas anak anjing normal, yang memiliki bau berbeda Dan kemudian ada nafas anak anjing yang sakit, artinya anak anjing itu memiliki sesuatu yang salah menciptakan bau tidak normal dari mulut.

Anak-anak anjing yang sangat muda memiliki bau yang berbeda dengan napas mereka, dengan penuh kasih sayang disebut nafas anak anjing. Biasanya digambarkan sebagai aroma manis yang disukai banyak orang.

Jika Anda mengadopsi anak anjing pada usia yang sangat muda, seperti 6 minggu, Anda mungkin menyadari bau napas khusus ini.

Napas anak anjing mulai berkurang pada usia 8-10 minggu. Meskipun saya mengaitkan bau nafas anak anjing yang kuat sebagai sesuatu yang sulit untuk dibaui setelah 12 minggu, beberapa orang berpikir itu dapat bertahan sampai 6 bulan.

Faktor-faktor yang Bertanggung jawab untuk Nafas Anjing
Penjelasan ilmiah juga sedikit tidak ilmiah.

Meskipun kami tidak sepenuhnya memahami napas anak anjing, sebagian besar dokter gigi hewan dan para ahli menyimpulkan bahwa sejumlah faktor yang menyebabkan napas anak anjing:

  • Kadang-kadang disebut sebagai napas susu, napas anak anjing paling jelas selama menyusui dan tepat setelah anak anjing disapih. Namun, ini adalah penjelasan yang tidak memadai, karena napas anak anjing bertahan selama beberapa minggu setelah disapih.
  • Mulut anak anjing bersih dan sehat, tidak mengandung bakteri mulut yang umum pada anjing yang lebih tua.
  • Saluran GI anak anjing mengandung bakteri dan flora yang berbeda daripada yang dimiliki orang dewasa.

Jika anak anjing Anda memiliki bau yang tidak sedap pada napas mereka, berikut adalah 6 kemungkinan alasan untuk bau tersebut:

1. Tumbuh gigi
Jauh dan jauh, penyebab paling umum dari nafas anak anjing yang tidak menyenangkan, buruk atau berbeda adalah tumbuh gigi.

Ini lebih jelas pada beberapa anak anjing daripada yang lain. Ketika anak anjing semakin jauh dari disapih dan berada dalam tahap tumbuh gigi yang sebenarnya, kualitas napas berubah.

Berikut adalah garis waktu erupsi gigi anak anjing yang khas:

  • Gigi bayi (sulung) mulai keluar pada minggu ke 2 atau ke 3.
  • Semua 28 gigi bayi berada pada minggu ke 5 atau 6.
  • Gigi bayi mulai rontok selama minggu ke 12-16.
  • Gigi dewasa dalam 6 bulan.
    Ketika anak anjing memotong gigi, mungkin ada peradangan yang membawa bau. Kadang-kadang gigi mengalami kesulitan memotong, gigi anak anjing mungkin patah, atau anak anjing mungkin tumbuh gigi begitu banyak pada mainan atau perawatan yang menyebabkan gusi sangat sakit.

Karena pendarahan di sekitar gusi, beberapa orang berpikir anak anjing memiliki bau logam.

Cobalah untuk menghindari tulang atau mainan yang sangat keras ketika anak anjing Anda masih sangat muda dan tumbuh gigi. Gigi kecil itu mudah patah, mempersulit kehilangan gigi bayi dan erupsi normal gigi dewasa. Dokter gigi hewan sering merekomendasikan mainan KONG dan mainan karet serupa yang dapat Anda isi dengan makanan atau makanan.

Handuk dingin lebih baik daripada es - mengunyah es dapat menyebabkan patah gigi.

2. Cedera Mulut atau Kesulitan Memotong Gigi
Anak anjing mengunyah apa pun dan segala sesuatu, sehingga sangat umum bagi mereka untuk melukai mulut mereka saat tumbuh gigi dan tumbuh.

Meskipun luka ringan sembuh dengan cepat karena rongga mulut cepat sembuh, benda asing seperti sepotong tongkat atau mainan bisa bersarang di rongga mulut, menyebabkan bau busuk.

Jika napas anak anjing Anda berbau busuk, Anda harus memeriksanya dengan dokter hewan. Sebagian besar anak anjing mendapatkan serangkaian vaksinasi selama bulan-bulan ini, jadi kecuali Anda berpikir ada masalah serius dan akut, sebagian besar pertanyaan gigi anak anjing dapat diangkat selama janji kesehatan / vaksin.

Namun, bau yang sangat buruk, atau anak anjing yang menunjukkan rasa sakit atau kesulitan mengunyah mulut memerlukan kunjungan dokter hewan lebih awal daripada kemudian.

3.Dietary Indiscretion/Kecerewetan Diet Anak Anjing
Dietary Indiscretion” adalah istilah yang digunakan dokter hewan untuk menggambarkan nafsu makan anak anjing yang tidak tajam. Ini cara lain untuk mengatakan bahwa anak-anak anjing akan memakan apa saja yang bisa mereka gigit, termasuk kotoran.

Nafas dapat berbau tidak sedap setelah makan kotoran anjing, kotoran kucing, sampah, daun membusuk, dll.

Pikirkan diri Anda sendiri setelah makan bawang putih berat - bahwa semua bagel yang Anda makan pagi ini dapat mengganggu teman dan keluarga Anda sepanjang hari!

Anda mungkin bisa mengidentifikasi apa yang dimakan anak anjing Anda dengan mengendus dengan hati-hati. Kotoran kucing biasanya sangat dapat diidentifikasi.

Jika Anda mengira napas anak anjing Anda berbau tidak enak karena makanan yang menjijikkan baru-baru ini, kabar baiknya adalah bahwa napas akan membaik dalam beberapa jam atau dalam sehari.

4. Gangguan pencernaan
Apakah makanan menyebabkan bau mulut? Mungkin tidak. Kebanyakan dokter hewan setuju bahwa makanan tidak menyebabkan bau mulut.

Jika makanan tertentu menyebabkan perut masam atau tidak mudah dicerna, Anda mungkin membingungkan “bau mulut” dengan bau yang berasal dari saluran pencernaan.

Bau busuk dari saluran pencernaan juga bisa disertai dengan sendawa berlebihan, gas yang lewat, atau muntah dan diare. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda tentang pilihan makanan.

Anak anjing Anda mungkin membutuhkan diet hambar selama 1-2 minggu untuk mengatasi gangguan pencernaan. Kemudian Anda dapat secara bertahap mengganti makanan lebih dari seminggu atau lebih untuk melihat apakah gejalanya membaik.

5. Penyakit Periodontal
Anak-anak anjing jarang memiliki penyakit gigi yang sebenarnya. Masalah yang berhubungan dengan penyakit gusi atau masalah gigi yang serius biasanya tidak terjadi sebelum usia 3 tahun.

Namun, penting agar anak anjing Anda terbiasa menggosok gigi sejak usia dini.

Memperkenalkan menyikat gigi pada usia 6 bulan, atau bahkan lebih awal jika memungkinkan.
Sikat gigi setidaknya 3 kali seminggu ketika anjing Anda masih muda.
Pada usia 3 tahun, menyikat gigi setiap hari adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit periodontal dan gigi.

6. Penyakit Metabolik
Dalam kasus yang jarang terjadi, anak anjing dapat memiliki bau napas yang buruk atau aneh karena penyakit metabolisme, seperti gagal ginjal.

Anak anjing mungkin menunjukkan tanda-tanda dan gejala penyakit lainnya. Dokter hewan Anda akan merekomendasikan tes darah sebagai alat diagnostik pertama dalam kasus atipikal ini.