Apa penyebab merasa ada yang berbicara dalam hati dan ada yang menanggapi dan bagaimana mengatasinya?

berbicara dengan diri sendiri

Seseorang sering bicara dalam hati dan seolah dalam raga seseorang tersebut memiliki 3 jiwa, apakah itu normal? Semisal, sedang bicara dalam hati tentang masalah bermusuhan dengan teman tiba-tiba seperti ada yang bilang “minta maaf aja” kemudian, ada lagi yang seperti bilang “bukan kamu yang mulai masalah biarin aja”. Jadi seolah ada 3 jiwa yaitu, diri sendiri, jiwa yg baik, dan jiwa yang jahat. Apa penyebab merasa ada yang berbicara dalam hati dan ada yang menanggapi dan bagaimana mengatasinya ?

Merasa berbicara dalam hati dan ada yang menanggapi bisa saja merupakan hal yang wajar sebagai mekanisme pertahanan jiwa. Hal ini seringkali terjadi ketika manusia sedang sendiri atau sedang mengalami pergolakan batin, stress, mengalami kecemasan, atau sedang merasa dalam masalah.

Namun apabila kondisi ini sangat sering terjadi hingga merasa terganggu atau sampai mengganggu kehidupan sosial dan pekerjaan, berbicara dalam hati dan merasa ada yang menanggapi bisa saja merupakan suatu gejala dari gangguan psikologis / gangguan kesehatan mental misalnya, stress berat, depresi, gangguan kecemasan, gangguan bipolar, gangguan kepribadian, dan skizofrenia.

Beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. Berusaha berpikiran terbuka dan berpikir positif
  2. Usahakan untuk tidak sering menyendiri
  3. Bicarakan permasalahan dengan orang terdekat yang dipercaya
  4. Minta support dari keluarga dan orang terdekat
  5. Lakukan relaksasi
  6. Perbanyak aktivitas yang bermanfaat seperti olahraga dan ikut kegiatan sosial
  7. Lakukan me-time yang disenangi
  8. Istirahat cukup
1 Like