Apa Penyebab Mengapa Anjing Bau Dan Cara Mengatasinya?


Tidak ada perusahaan parfum di luar sana yang telah berinvestasi dalam “Eau de Dog” dan dengan alasan yang bagus. Sebagian besar anjing kami memiliki kecenderungan untuk menjadi berbau busuk dari waktu ke waktu.

Namun, meski sebagian besar bau memiliki solusi sederhana, beberapa dapat disebabkan oleh masalah mendasar yang lebih serius. Mengapa teman berkaki empat ini berbau sangat buruk dan apa yang dapat kita lakukan tentang hal itu?

  1. MASALAH GIGI
    Penyebab nomor satu bau mulut pada anjing, sama seperti manusia, adalah penumpukan plak dan karang gigi pada gigi mereka. Beberapa keturunan kecil sangat rentan terhadap masalah gigi seperti penyakit gusi. Masalah lain yang spesifik untuk keturunan tertentu adalah Gingival Hyperplasia, pertumbuhan gusi yang berlebihan yang dapat menyimpan sedikit makanan dan menghasilkan bau busuk.
  2. GAS
    Perut kembung adalah masalah umum pada anjing dan jika Anda dapat membersihkan ruangan setelah mengeluarkan gas, sering tidak toleran terhadap bahan dalam makanan mereka. Bekerja dengan dokter hewan untuk mengubah pola makan yang berbeda, apakah itu bebas biji-bijian atau berbasis ikan, sering dapat membantu masalah. Namun angin yang berlebihan kadang-kadang bisa menandakan masalah medis yang mendasari sehingga jika udara di sekitar hewan peliharaan Anda tetap berapi-api, terus berkonsultasi dengan dokter hewan Anda sampai masalahnya teratasi.
  3. ATOPI
    Alergi musiman atau makanan dapat menyebabkan radang kulit yang menyebabkan sekresi berlebihan minyak dari kelenjar tertentu di kulit, menghasilkan bau apek. Diet yang buruk dapat berkontribusi pada kondisi ini dan juga dapat menjadi penyebab masalah lain termasuk infeksi ragi, yang juga mengeluarkan bau busuk. Ini sering disebabkan oleh diet tinggi karbohidrat dan makanan olahan. Mengubah ke makanan anjing yang berprotein tinggi dan tidak diproses atau mencoba tablet alergi untuk anjing seringkali dapat membantu dengan ini.
  4. INFEKSI TELINGA
    Ada banyak jenis bakteri dan ragi yang dapat menyebabkan infeksi telinga. Telinga yang sehat biasanya memiliki pertahanan yang baik untuk melawan bakteri tetapi jika anjing menderita alergi atau ketidakseimbangan hormon, ragi dan bakteri dapat meningkat secara dramatis, menyebabkan bau yang berbau busuk. Anjing dengan telinga berbulu atau floppy seperti Basset Hounds dan Springer Spaniel mungkin memiliki masalah telinga yang konsisten kecuali telinga tetap bersih dan kering.
  5. KANTUNG ANAL
    Ini adalah salah satu penyebab paling umum anjing bau. Semua sahabat anjing kami memiliki dua kantung aroma kecil di bagian bawahnya mereka adalah sejenis kelenjar penandaan yang mengapa anjing mencium ujung-ujungnya ketika bertemu. Jika mereka terkena dampak, itu dapat menyebabkan rasa sakit untuk anjing dan sekresi yang sangat bau dilepaskan dan tetap di bulu. Tanda lain, anjing Anda memiliki masalah dengan kelenjar duburnya adalah menyeret pantatnya ke tanah, atau “scooting.” Buat janji dengan dokter hewan Anda untuk membantu masalah ini.
    CARA MENCEGAH BAU PADA ANJING
    Mulailah kebersihan gigi sejak dini untuk mencegah masalah. Ini bisa termasuk pembersihan gigi tahunan, menyikat gigi anjing Anda di rumah dan bahkan mengunyah anjing tertentu dapat membantu mengurangi penumpukan gigi.
    Tetap lipatan di kulit dan telinga bersih dan kering. Periksa telinga anjing Anda secara berkala dan pastikan untuk mengeringkannya setelah berenang atau mandi.
    Beri makan diet sehat. Jika Anda mencurigai diet anjing Anda mungkin pelakunya, cobalah diet dengan bahan-bahan yang berbeda. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk rekomendasi.
    Mandikan anjing Anda secara teratur! Solusi yang jelas, namun sering diabaikan!
    Jika bau busuk berlanjut, konsultasikan dengan dokter hewan Anda karena beberapa kondisi medis dapat menghasilkan bau aneh. Pernapasan yang berbau buah atau manis bisa menandakan diabetes sementara penyakit ginjal atau infeksi kandung kemih dapat menghasilkan napas yang berbau seperti urin. Semoga berhasil dan senang mengendus!