Apa Penyebab Mata Gatal?

Secara medis mata gatal disebut ocular pruritus. Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas apalagi bila disertai dengan masalah mata lain seperti mata merah dan berair. Apa Penyebab Mata Gatal?

Mata gatal bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari alergi hingga penyakit tertentu. Lebih lengkap, inilah beberapa penyebab mata gatal beserta cara mudah menanganinya.

Konjungtivitis Alergi
Alergen atau penyebab alergi banyak macamnya. Beberapa di antaranya adalah serbuk dari tanaman, debu, jamur, obat, hingga makanan tertentu.

Bila alergen ini berkontak dengan mata, reaksi alergi seperti meradangnya bagian dalam kelopak mata atau lapisan tipis pada area putih mata dapat terjadi. Kondisi tersebut bisa menyebabkan mata merah, bengkak, dan gatal.

Tak hanya itu, reaksi lain seperti bersin juga bisa terjadi. Untuk menanganinya, selain menghindari alergen, kamu bisa minum obat antihistamin. Pasalnya, saat alergi, tubuh melepaskan histamin yang menjadi pemicu gatal juga gejala lainnya.

Dermatitis Atopik
Dermatitis atau eksim atopik adalah kondisi yang menyebabkan kulit merah dan gatal termasuk pada area mata. Kondisi juga biasa disertai dengan mata berair dan radang, kulit menjadi bersisik, serta terdapat gejala asma.

Biasa terjadi pada anak-anak, dermatitis atopik berhubungan dengan faktor genetik. Di mana terganggunya kemampuan kulit untuk melindungi dirinya sendiri dari alergen dan penyebab iritasi lain.

Agar kondisi tidak semakin parah, hindari menggosok-gosok mata. Selain itu, cucilah mata dengan air dan oleskan salep mata untuk mengatasi gatal, biasanya mengandung kortikostreoid, pada kelopak mata.

Mata Kering
Mata kering terjadi karena mata kurang pelumas atau kelembapan dan bisa ditandai dengan rasa gatal. Kondisi ini bisa terjadi karena banyak hal mulai dari penuaan, pemakaian lensa kontak yang tidak sesuai hingga gangguan sistem imun seperti sindrom Sjogren.

Tak hanya itu, mata kering juga bisa disebabkan karena konsumsi obat-obatan tertentu seperti antidepresan, ansiolitik, dan diuretik.

Untuk penanganan sementara, air mata buatan dalam bentuk obat tetes bisa digunakan. Setelah itu, jangan lupa menghubungi dokter untuk penanganan yang tepat.

Blefaritis
Blefaritis adalah radang pada kelopak mata. Kondisi terjadi saat kelenjar minyak pada kelopak mata tersumbat dan iritasi. Tak hanya itu, infeksi bakteri atau efek samping obat-obatan juga dapat menjadi penyebabnya.

Gejala blefaritis sendiri termasuk mata gatal, menempelnya kelopak mata serta timbul kerak pada area dekat bulu mata saat bangun tidur. Penanganan pribadi dengan mencuci dan mengompres mata dengan kain hangat selama 5 menit bisa kamu lakukan.

Cara tersebut dapat membantu meringankan gejala blefaritis. Untuk penanganan lebih lanjut, berkonsultasilah langsung dengan dokter di mana obat-obatan minum ataupun oles untuk melawan infeksi dan mengatasi radang mungkin diberikan.

Mata Tegang
Terlalu lama menghabiskan waktu terkena paparan cahaya dari alat-alat elektronik seperti laptop, komputer atau handphone bisa menjadi penyebab mata gatal. Tak hanya itu, suhu udara dan stres pun bisa menjadi penyebabnya.

Pasalnya semua kondisi tersebut memicu mata tegang yang dapat ditandai dengan mata gatal, lelah, berair, serta peka akan cahaya. Tanda lain seperti sakit kepala, dan pegal pada area bahu serta leher juga dapat terjadi.

Untuk mengatasi kondisi ini, beristirahatlah. Bisa dengan mengalihkan mata ke area lain, menutup ataupun mengedip-ngedipkan mata.