Apa penyebab lubang pada kepala ikan Louhan ?

louhan
penyakit_ikan

(Kharis Muzzaki) #1

ikan louhan

Lubang pada kepala ikan louhan biasa disebut penyakit hole in the head. Penyakit ini dapat ditemukan di aquarium yang sama sekali tidak pernah tersentuh oleh karbon aktif. Apa penyebab lubang pada kepala ikan Louhan ?


(Luthfan Noor Irsyad) #2

penyebab penyakit hole in the head ini masih cukup misteri sampe sekarang. tapi ada beberapa teori yang menyebutkan tentang penyebab penyakit ini:

1. protozoa yang menyebabkan hole in the head adalah Hexamita sp.
Hexamita ini disebut2 menyedot nutrisi dari tubuh ikan, sehingga ikan tersebut kekurangan nutrisi dan kepalanya jadi berlubang. namun demikian, tidak semua penyakit hole in the head ini disebabkan oleh Hexamita sp.

2. kekurangan kalsium/fosfor.
lagi2 kekurangan kalsium/fosfor ini juga disebabkan karena adanya Hexamita sp yang menyerap kalsium/fosfor dari tubuh ikan. namun, semua pakan bermutu (pellets) telah menyediakan banyak kalsium/fosfor, sehingga mungkin jika ikan diberi pakan yg bermutu, tidak akan kekurangan kalsium/fosfor.

3. kekurangan vitamin c.
kalau ada ikan yang sedang terkena penyakit hole in the head, maka pemberian vitamin c dapat mempercepat penyembuhannya. oleh karena itu, muncul spekulasi bahwa kalau ikan kekurangan vitamin c dapat menyebabkan penyakit hole in the head. namun, setelah diteliti, ternyata kekurangan vitamin c ini tidak menyebabkan penyakit hole in the head.

4. kekurangan vitamin d.
vitamin d berguna untuk menjaga tingkat kalsium dan fosfor di tulang dan darah, sehingga kekurangan vitamin d diduga dapat menyebabkan hole in the head. namun, teori ini juga dibantah karena setelah diteliti, ikan yang kekurangan vitamin d tidaklah menderita hole in the head.

5. stres.
penyakit hole in the head seringkali dihubungkan dengan perawatan aquarium yang buruk. apabila ikan dihadapkan pada stres yang terus menerus, maka bisa jadi dia terkena penyakit hole in the head karena penurunan daya tahan tubuh sehingga mudah terinfeksi oleh Hexamita.

6. karbon aktif.
teori ini merupakan teori yang paling diperdebatkan, karena belum terbukti apakah penggunaan karbon aktif dapat memicu terjadinya penyakit hole in the head. satu versi dari teori ini mengatakan bahwa karbon aktif dapat menyerap vitamin dan mineral dari air, sehingga ikan menjadi kekurangan nutrisi. walaupun demikian, versi ini diragukan karena apabila air yg digunakan adalah air keran biasa, maka tidak ada vitamin di sana. selain itu, ikan juga menggantungkan pemenuhan nutrisinya pada pakan yang diberikan.


(Luthfan Noor Irsyad) #3

TANDA TANDA :

  • Pelebaran pori pori di kepala ikan, disertai dengan lendir berwarna putih pada lubang tersebut
  • Berak yang berwarna putih kapur
  • Warna ikan menjadi cenderung gelap
  • Tidak bernafsu makan
  • Perut kembung / membesar ataupun badan menjadi kurus

KEMUNGKINAN :

Ikan dapat mati apabila proses protozoa yang membelah sudah sampai di organ internal ikan
Lemahnya tubuh ikan yang terjangkiti sangat rentan untuk lebih melemah karena hal hal yang kecil sehingga membangkitkan penyakit penyakit yang sebelumnya sudah ada namun belum kuat untuk keluar

Cara mengobati/mencegah penyakit hole in the head sebenernya sangat mudah. berikut cara2nya:

  1. Berikan makanan yang bergizi dan penuh vitamin.

  2. Lakukan penggantian air sedikitnya 20% tapi tidak lebih dari 50% setiap 3 hari sekali.

  3. Tambahkan 1 sendok makan garam aquarium untuk setiap 5-10 galon air.

  4. Naikkan suhu air hingga 26-27 derajat Celcius. (tergantung akuarium yang kita pakai)

  5. Jangan sembarangan menggunakan karbon aktif - gunakan hanya merk karbon aktif yang sudah terpercaya dan berkualitas.

  6. Apabila mau menggunakan obat untuk membasmi Hexamita, bisa coba gunakan Metronidazole atau Paragon II.