Apa penyebab line dan WA lebih digemari dibanding dengan wechat ataupun messengger lainnya?

Line dan Whatsapp merupakan sebuah aplikasi berbasis messenger yang mungkin bisa disebut paling terbaik sejauh ini juga sebuah aplikasi yang terbanyak jumlah pengguna dan pengunduhnya.

Mengapa bisa hal tersebut terjadi dan apa bedanya dibanding messenger lainnya?

Banyak atau tidaknya seorang user dan downloader pada sebuah aplikasi itu sangat relatif. Begitupun kegunaan dari aplikasi itu sendiri, khususnya dalam konteks aplikasi messenger. Mungkin kita menemukan banyak fitur fitur mengagumkan ketika kita menggunakan whatsapp ataupun line jika dibandingkan dengan aplikasi messenger lainnya yang hanya memiliki fitur itu itu saja.

Kembali kepada prinsip para seorang developer, dimana algoritma yang baik adalah algoritma yang memiliki efisiensi dan keefektifan tinggi serta mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dengan baik pada aktivitas sehari-hari. Dari yang saya lihat dan rasakan sejauh ini, Line dan Whatsapp lah yang memimpin posisi tersebut.

Lalu, apa bedanya dengan aplikasi messenger lainnya? mungkin secara fitur tidaklah jauh berbeda dan seiring berjalannya waktu akan terus diperbarui dengan lebih baik dan tentunya canggih. Tetapi, strategi marketing lah yang membuat kedua aplikasi messenger ini mampu memikat dan dilirik oleh banyak masyarakat. Mungkin saja ada developer lain yang menemukan algoritma yang jauh lebih baik, tetapi karena strategi marketing yang buruk, hal tersebut sia sia.

WhatsApp adalah salah satu pelopor dari aplikasi instant messaging dan merupakan salah satu aplikasi instant messaging yang paling banyak diminati oleh para pengguna smartphone. whatsApp digemari oleh banyak kalangan karena kemampuannya untuk berkirim pesan singkat antar sistem operasi. Android, BlackBerry, iOS, Windows Phone dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Kedua, secara otomatis memindai kontak telepon untuk informasi teman-teman menggunakan layanan di WhatsApp. Berikutnya, aplikasi ini dapat mengirim semua (video, audio, foto) multimedia dan lokasi peta disertai dengan emoticon yang lucu yang dapat membuat berkirim pesan singkat dapat lebih berwarna dan menarik. Selajutnya, selain dapat mengatur status aplikasi ini dapat juga untuk broadcast ke banyak pengguna dan group chat ke anggota sesama komunitas

Line adalah aplikasi besutan perusahaan Jepang, Naver ini menawarkan emoticon dan stiker yang lebih menarik dan lucu dibandingkan dengan WhatsApp. Selain itu, Line juga mengusung fitur-fitur terkini dan tampilan yang lebih segar. Line digemari banyak kalangan karena Line memberikan layanan free call untuk dapat bertelepon gratis antar sesama pengguna Line tanpa dipotong biaya pulsa, hanya menggunakan data internet, Di Line selain menyediakan emoticon dan autotext, juga menambah tambahan baru yaitu stickers, hampir serupa dengan emoticon tapi dengan ekspresi yang lebih banyak dan juga besar, akan tetapi ringan digunakan, Fitur yang paling menarik dari Line adalah fitur game online-nya yang dapat dimainkan bersama teman-teman di Line, Line memungkinkan untuk digunakan di OS Windows/MacOS melalui PC.

Wechat adalah aplikasi messenger yang sejenis dengan WhatsApp dan line, wechat tidak terlalu popular karena fitur yang mereka tawarkan tidak semenarik line ataupun whatsApp seperti stiker dan telfon. Selain itu aplikasi wechat tidak seringan aplikasi whatsApp padahal keduanya sama sama aplikasi messenger

Sumber:

LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti smartphone, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.

Lebih dari 1 miliar orang di lebih dari 180 negara menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, kapan saja dan di mana saja. WhatsApp gratis dan menawarkan kemampuan mengirim pesan dan melakukan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel, yang tersedia untuk telepon di seluruh dunia. WhatsApp dimulai sebagai alternatif untuk SMS. Produk ini sekarang mendukung untuk mengirim dan menerima berbagai macam media: teks, foto, video, dokumen, dan lokasi, juga panggilan suara. Pesan dan panggilan diamankan dengan enkripsi end-to-end, yang berarti tidak ada pihak ketiga termasuk WhatsApp yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan Anda. Di balik setiap keputusan produk terdapat keinginan kami agar orang-orang dapat berkomunikasi di mana pun di seluruh dunia tanpa batasan.

WeChat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks telepon seluler (ponsel) yang dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa sistem operasi, seperti Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone, dan platform Symbian. Bahasa yang didukung termasuk Bahasa Inggris, Hanzi tradisional/disederhanakan, Indonesia, Spanyol, Portugis, Thailand, Vietnam, dan Rusia. WeChat didukung pada Wi-Fi, 3G, dan data 4G jaringan.

WECHAT-APP-LOGO-

LINE lebih digemari karena LINE menawarkan berbagai fitur ,seperti adanya sticker yang membuat obrolan menjadi lebih ekspresif dan menarik. Selain itu, Line juga memiliki ‘LINE Keep’ dimana user dapat menyimpan foto atau file dan tidak perlu khawatir kehilangan file tersebut. 'LINE Keep juga dapat digunakan sebagai back up file, karena tidak akan hilang walaupun smartphone tersebut hilang. Fitur lainnya yang juga menarik ialah ‘Timeline’. Fitur ini membantu user mengekspresikan pikirannya yang dapat dilihan oleh banyak orang. ‘Timeline’ juga dapat diatur kerahasiaannya. Sticker juga dapat digunakan di ‘Timeline’.

WhatsApp sendiri banyak disukai karena kontak pada WhatsApp otomatis tersinkronisasi dengan kontak pada phonebook. Selain itu, akun pada WhatsApp adalah nomor telepon yang membuat user tidak perlu membuat akun baru dengan password yang rumit, cukup hanya dengan meninputkan nomor telepon saja. User Interface dari WhatsApp sangat sederhana dan sangat mudah dipahami bagi pengguna baru.

WeChat menawarkan fitur yang hampir sama dengan WhatsApp dan LINE. WeChat juga dapat melakukan telepon secara gratis dan memiliki sticker yang cukup banyak. Namun, di Indonesia sendiri popularitasnya kalah dibandingkan LINE dan WhatsApp karena aplikasi LINE dan WhatsApp sendiri lebih mudah digunakan dibandingkan dengan WeChat.



Refrensi

https://id.wikipedia.org/wiki/WeChat
https://line.me/id/
https://id.wikipedia.org/wiki/LINE
https://www.whatsapp.com/about/