Apa Penyebab Kolibri Mati Mendadak?

Apakah merupakan hal yang wajar untuk burung kolibri?

  1. Sakit
    penyebab pertama adalah kolibri dalam keadaan sakit yang kita kurang begitu memperhatikan. Definisi sakit disini bermakna luas, saya ambil contoh sakit nafas. Dalam kasus ini terkadang kita kurang memperhatikan karena tidak begitu terlihat. Biasanya kasus ini ditandai dengan burung megap-megap meski hanya terbang dari satu pangkringan ke pangkringan yang lain. Jika kita menemui tanda tersebut segeralah di obati.

  2. Kroto basi
    Kedua adalah kroto yang kita berikan kurang bagus bisa karena kroto basi maupun kroto ditaburi obat pembasmi serangga saat pemisahan kroto dengan semut rangrang. Kasus ini sering terjadi di kalangan kicau mania namun terkadang kurang begitu diperhatikan. Kroto basi maupun kroto yang kurang bagus penanganannya lebih sering membuat kolibri mati jika kita tidak teliti saat membeli. Kebersihan kandang juga menjadi salah satu penyebab burung sakit.

  3. Kebersihan kandang yang kurang terjaga.
    Kurang rajin dalam membersihkan kandang dapat menjadi rumah bagi kuman dan bakteri jahat. Terlebih kotoran kolibri mudah dicemari oleh bakteri sehingga konin bisa sakit dan mati secara mendadak. Hal ini biasa dialami pada burung yang full kerodong sehingga sirkulasi udara kurang lancar sedang didalam kandang terdapat banyak kotoran burung yang mengandung amoniak.

  4. Cuaca ekstrim
    Cuaca ekstrim merupakan penyebab yang sering terjadi karena perubahan yang tidak menentu. Biasa terjadi saat musim pancaroba dimana terkadang panas tiba-tiba hujan deras. Dan yang tidak kalah adalah hawa dingin dan angin kencang juga merupakan penyebab kematian mendadak pada burung kolibri.

  5. Gangguan serangga beracun
    Tawon juga menyukai air gula sehingga terkadang tawon mendekati kandang bahkan masuk ke dalam kandang hal ini dapat menyengat burung sehingga burung mati. Dan serangga lain yang dpat membunuh kolibri adalah serangga beracun yang sering berterbangan dimalam hari. konin sangat suka menangkap serangga sehingga dapat berpotensi untuk menangkap serangga yang beracun.