Apa penyebab jerawat sering muncul ditempat yang sama?

Apakah anda pernah mengalami suatu kondisi seperti satu jerawat baru sembuh, namun muncul lagi jerawat baru ditempat yang berdekatan. Selain bikin kulit rusak, riasan wajah yang kita pakai pun tak bisa terlihat sempurna. Apa penyebab jerawat sering muncul ditempat yang sama?

Menurut dokter kosmetik dan direktur medis di Ottawa Skin Clinic, Amerika Serikat, Alain Michon, MD, ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa jerawat bisa muncul di tempat yang sama. Yuk kenali!

  1. Memakai kosmetik yang salah
    “Kosmetik komedogenik (memicu timbulnya komedo) menyebabkan penyumbatan di pori-pori dan menyebabkan jerawat keluar dari komedo,” kata dr. Michon. Menurutnya, jika ada area tertentu dari kulit yang pecah terus-menerus, periksalah apabila kosmetik tersebut yang menyebabkan hal itu terjadi.

  2. Produk rambut
    Jika jerawat terus-menerus muncul di dahi, mungkin perawatan rambut menjadi penyebabnya. Produk seperti semprotan atau minyak rambut bisa disalahkan untuk ini.

  3. Memakai kosmetik berlebihan
    Jerawat bisa dipicu oleh panas berlebih, tekanan, atau gesekan pada kulit. Jerawat di dekat mata contohnya. Hal itu bisa muncul akibat pemakaian eye shadow yang berlebihan.

  4. Menyentuh wajah
    Orang kadang tidak sadar membelai wajahnya atau menyandarkan dagu di tangan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Infectious Diseases, rata-rata orang menyentuh wajahnya 3.6 kali per jam. Kebiasaan ini memindahkan bakteri dari tangan ke wajah dan menyebabkan jerawat.

  5. Memecahkan jerawat

  6. Hormon
    Terkadang penyebab jerawat muncul di tempat yang sama bukanlah dari luar tubuh, tapi hormon atau faktor internal dari dalam tubuh.

Sumber: