Apa penyebab gigi harus dicabut?

gigi geraham

Sakit gigi sangat tidak nyaman rasanya. Aktivitas apapun yang dilakukan menjadi tidak fokus. Bahkan, tidur tidak bisa nyenyak. Dari semua tindakan pada perawatan dan pengobatan gigi, salah satunya adalah mencabut gigi. Biasanya hal ini adalah alternatif terakhir yang dilakukan dan banyak orang juga khawatir dengan akibat pencabutan gigi. Mengapa gigi harus dicabut? Ternyata tidak semua gigi yang harus dicabut karena alasan gigi tidak dirawat. Apa penyebab gigi harus dicabut?

Di bawah ini beberapa penyebab gigi harus dicabut.

  1. Gigi Rusak
    Gigi dianggap harus segera dicabut, apabila rusak parah dengan lubang yang sudah tidak bisa ditambal lagi. Bahaya gigi berlubang yang dibiarkan sampai merusak syaraf mata. Gigi yang keropos juga termasuk ke dalam gigi rusak. Pada kasus ini, obat sakit gigi berlubang sudah tidak dapat digunakan dengan efektif.

  2. Gigi Berdesakan
    Gigi yang tumbuh melebihi tempat gigi yang ada, sehingga akhirnya gigi tumbuh bertumpuk-tumpuk dan berdesakan. Bila ingin merapikan gigi tersebut agar bentuknya indah, maka beberapa gigi harus dicabut. Yang paling umum dilakukan adalah pencabutan terhadap gigi bungsu. Pencabutan merupakan cara mengatasi gigi bertumpuk yang paling awal.

  3. Infeksi Gigi
    Gigi mengalami infeksi atau gangguan kesehatan lain. Karena hal tersebut, maka gigi harus dicabut agar infeksi tidak mengganggu gigi lain.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/pantangan-setelah-cabut-gigi