Apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit kutu ikan pada ikan mas koki ?

image

Kutu ikan adalah sesuatu yang tidak terlalu sulit untuk dikenali. Jika kutu ikan sedang menyerang Maskoki, Anda pasti bisa melihatnya dengan jelas. Kutu ikan berbentuk cakram pipih sekitar 1/5 inchi yang berwarna hijau transparan dan menempel di tubuh atau sirip Maskoki. Biasanya Maskoki berusaha menggesek tubuhnya di manapun untuk berusaha melepaskannya. Ada juga Maskoki yang menjadi murung dan diam sejak diserang kutu ikan ini. Seringkali Anda bisa melihat ada bercak merah atau luka di tubuh Maskoki bila kutu ikan sudah menyerang. Anda harus menyingkirkan kutu ini segera, atau kutu ini akan bereproduksi dengan cepat. Anda bisa menyingkirkan kutu ini dengan cara manual (dicabut). Setelah itu obati ikan dan pastikan kolam steril dari bibit kutu ikan.

Apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit kutu ikan pada ikan mas koki ?

Gejala

Kutu ikan adalah salah satu parasit Maskoki yang mudah terlihat oleh mata telanjang. Mudah dikenali karena bentuknya cakram pipih dengan warna hijau transparan, dan kadang kita juga bisa melihat kutu ini bergerak / berjalan di tubuh Maskoki. Gejala bisa dideteksi langsung dengan melihat keberadaan kutu ikan ini di tubuh Maskoki. Tanda lain dari gejala kutu ikan menyerang adalah adanya luka atau bercak kemerahan di tubuh maupun sirip dan ekor Maskoki.

Penyebab

Kutu ikan ini merupakan parasit yang berbahaya. Serangannya bisa sampai menembus kulit dan insang Maskoki sehingga menyebabkan iritasi. Dikarenakan adanya luka yang terbuka, Maskoki riskan untuk terjangkit infeksi lanjutan seperti penyakit bakteri insang dan bisul. Di samping menderita luka fisik, iritasi yang berlangsung ini bisa menyebabkan stress pada Maskoki; yang pada akhirnya juga bisa menyebabkan serangan parasit lanjutan berupa Ich dan Costia. Kutu ikan ini biasanya juga akan melepaskan telur di seisi kolam, tanaman dan ornamen di dalam air lainnya. Beberapa hari kemudian, bayi kutu ikan akan beranjak dan mulai mencari tubuh Maskoki untuk dihinggapi. Waktu yang diperlukan ini biasanya berkisar selama 30 – 100 hari, bergantung pada suhu air. Oleh karena itu, menata kualitas air menjadi penting untuk mencegah serangan kutu ikan.

Pengobatan

Pengobatan yang baik dengan menggunakan obat yang mengandung Diflubenzuron, misalnya Anchors Away (berikan pengobatan seperti yang tertera di petunjuk kemasan) atau Dimillin (3 kali dalam jangka waktu 6 hari). Kutu air yang terlihat oleh mata bisa dicabut manual dengan menggunakan pinset. Bekas luka yang berwarna kemerahan perlu diobati dengan menggunakan neosporin atau Panalog.

Sumber : NevadaGoldfish.com is for sale | HugeDomains