Apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit insang bakteri atau bacterial gill pada ikan mas koki ?

ikan mas koki

Sejumlah bakteri dapat dikaitkan dengan penyakit insang bakteri (bacterial grill), tetapi yang paling sering ditemui adalah genus Flavobacterium, Flexibacter, dan Cytophaga. Apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit bacterial gill pada ikan mas koki ?

Gejala

Selaput lendir yang berlebihan, terhimpit, sirip yang mengatup, tubuh yang agak “kejang” dan mata yang suka “berkedip”, luka dan borok sebagai akibat dari menggesekkan tubuh. Inilah yang akan terjadi pada Maskoki yang mendapat serangan cacing parasit di dalam insangnya. Terkadang Maskoki yang terkena penyakit ini pun suka mengap-mengap di permukaan air, insang menjadi iritasi dan terlihat menyakitkan.

Latar belakang

Kedua jenis cacing (di tubuh dan di insang) adakalanya dapat ditemukan secara bersamaan. Namun keduanya memiliki tipe perkembang-biakkan yang berbeda. Cacing insang hidup di dalam insang ikan dan bertelur di dalam air, sedangkan cacing tubuh hidup di tubuh ikan sekaligus berkembang biak di sana. Cacing ini tidak akan menggigit atau mengisap darah ikan, namun memakan selaput lendir ikan, yang pada akhirnya akan membahayakan kesehatan ikan; sebab selaput lendir yang menipis akan membuat Maskoki beresiko terjangkit serangan parasit lainnya. Cacing insang dapat menyebabkan luka parah di insang ikan, dan menyebabkan timbulnya penyakit bacterial lainnya.

Pengobatan

Pengobatan dengan menggunakan garam bisa membantu pemulihan setidaknya sampai 7 patogen, tapi tidak akan cukup untuk membasmi cacing parasit. Terapkan langkah pengobatan dengan Potassium Permanganate (PP), Droncit, Fluketabs, Formalin, dan Healthguard dan Quick Cure. Pengobatan perlu dilakukan secara berulang sebab telur atau larva cacing kemungkinan besar masih ada di dalam air (meskipun pada tahap pengobatan pertama induk cacing berhasil dibasmi). Kembali menindak-lanjuti pengobatan sangat disarankan setiap 4 hari sekali, dan sebagai pencegahan sebaiknya juga masih diberi perawatan setelah lewat dari hari keempat ini.

Ada sebuah metode sederhana, yang sudah sukses dilakukan oleh JoAnn Burke, pendiri dari Dandy Oranda, bekerja dengan baik dalam pengobatan penyakit ini – 1 bagian dari hydrogen peroxide (bisa mudah ditemukan di took-toko) dan 9 bagian dari air dan dicampur bersamaan; kemudian celupkan (masukkan) ikan ke dalam air tersebut selama tidak lebih dari 10 detik. Metode ini akan sangat efektif membasmi cacing insang maupun cacing tubuh Maskoki. Namun pengobatan terhadap air tetap diperlukan.

Perlu diperhatikan: Sejak pengobatan ini akan membunuh semua bakteri dan parasit, sistem dan perangkat filter harus diangkat selama pengobatan ini diterapkan. Ada komentar yang mengatakan bahwa telur atau larva cacing kemungkinan bisa bersembunyi di dalam perangkat filter (media). Oleh karena itu media harus dipisahkan dari aquarium untuk sementara waktu. Dengan demikian, larva harus segera mencari tempat tinggal baru; atau larva akan mati kelaparan. Anda harus membersihkan media dan memastikan bahwa media filter Anda sudah bersih dari telur dan larva; sehingga dapat dipergunakan kembali.

Pencegahan

Penelitian terbaru yang dilakukan pada cacing parasit ini baru-baru saja mendapati satu hasil yang menarik – sebagian populasi ikan tampaknya mengembangkan imunitas (daya tahan) tubuhnya terhadap serangan cacing parasit ini. Hal ini akan mengakibatkan cacing parasit akan tereliminasi dari waktu ke waktu. Resiko dari cacing parasit ini adalah bisa menyerang pada ikan baru. Sejak cacing ini ditemukan dan menyerang ikan yang dipelihara di aquarium dan toko-toko ikan, maka pemisahan / karantina ikan baru penting untuk dilakukan, sebelum mencapurkan ikan baru bersama dengan ikan yang lainnya.

Sumber : http://www.nevadagoldfish.com/2010/11/disease-of-goldfish.html