Apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit Ichtyopthirius pada ikan mas koki ?

penyakit Ichtyopthirius pada ikan mas koki

Ichtyopthirius adalah penyakit yang paling sering menyerang Maskoki. Ichtyopthirius merupakan parasit yang menyerang dan melekat pada tubuh Maskoki ketika sedang stress. Ketika parasit ini menempel di tubuh Maskoki, mereka menyerap makanan dari tubuh Maskoki tersebut; parasit ini pun terlihat seperti butiran kecil garam. Setelah satu sampai dua hari kemudian, parasit ini kemudian melepaskan diri dari tubuh Maskoki dan mendarat di dasar kolam. Parasit ini mulai bertelur dan berkembang biak. Parasit-parasit ini bisa cukup mematikan jika mereka berkembang biak hingga jumlahnya meningkat drastis.

Apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit Ichtyopthirius pada ikan mas koki ?

Gejala

White spot tampak seperti butiran kecil garam yang menempel di tubuh maupun ekor Maskoki, tubuh Maskoki mengeluarkan banyak lender, sirip Maskoki terlihat menutup, Maskoki terlihat sering menggosokkan tubuhnya di dinding kolam, gerakan insang lebih cepat dari biasanya, dan nafsu makan Maskoki menurun. Gejala ini berbeda dengan gejala penyakit beludru, sebab white spot terlihat lebih bulat dan berwarna putih.

Penyebab

Penyebab parasit Ichtyopthirius menyerang ikan mas koki antara lain :

  1. Organisme Ich sering muncul dari ikan, tanaman, maupun benda lain yang sudah terjangkit parasit ini sebelumnya. Untuk mencegah hal ini, kita perlu melakukan karantina terhadap ikan dan tanaman baru sebelum dimasukkan ke dalam kolam milik kita. Bisa juga kita gunakan larutan potassium permagnat.

  2. Organisme Ich bisa muncul bila Maskoki mengalami stress. Bila Maskoki stress, daya tahan tubuhnya akan menurun. Hal ini memungkinkan parasit-parasit untuk menyerang tubuh Maskoki yang sedang lemah. Untuk mengantisipasinya, kita perlu menjaga kualitas air supaya tetap bagus.

Pengobatan

Ich memiliki daya jelajah renang yang sangat luas. Jadi jika parasit ini sudah menyerang Maskoki, kita juga perlu membersihkan seluruh kolam, jangan hanya menyembuhkan Maskoki saja. Sebaiknya jangan menggunakan kolam pengobatan yang terpisah. Lebih baik langsung obati di kolam tersebut dengan memberikan larutan garam ikan 0.3% dengan obat-obatan lain yang mengandung Malachite Green, Formalin atau Copper (misalnya: Rid-Ich (Amerika Serikat), Protozin (Britania Raya)). Naikkan temperatur air di kolam tersebut ke suhu 30o C. Bila Anda menggunakan Malachite Green, pastikan kolam tetap gelap dan terlindungi dari cahaya. Lanjutkan perawatan konstan seperti ini sampai Ich tidak lagi menempel di tubuh Maskoki, biasanya membutuhkan waktu 3 sampai 6 hari. Keringkan dan bersihkan kolam segera, untuk menyingkirkan parasit-parasit yang mungkin masih menempel di kolam.

Pencegahan

Periksa kualitas air; pertahankan air di temperatur, pH, dan kesadahan air yang pas. Parasit Ich masih bisa kembali menjangkit lagi meskipun Maskoki dan kolam sudah bersih. Jika Ich kembali menyerang, lakukan kembali parawatan dan pengobatan seperti di atas. Dan pastikan dengan benar bahwa Maskoki dan kolam memang sudah terbebas dari parasit ini.

Sumber : http://www.nevadagoldfish.com/2010/11/disease-of-goldfish.html