Apa Penyebab Fobia Ketinggian?

fobia ketinggian

Akrophobia merupakan fobia terhadap ketinggian, atau ketakutan yang berlebihan terhadap ketinggian yang dialami seseorang. Rasa takut yang berlebihan ini dapat memicu perasaan yang berlebihan pula seperti kepanikan, stress dan kecemasan. Dalam bahasa Yunani, Akrophobia adalah Akron atau puncak dan Phobos atau takut yaitu perasaan takut ekstrim dan tidak rasional yang dialami seseorang dengan tempat yang tinggi. Akropobia merupakan bagian dari beberapa kelompok phobia yang spesifik, yang biasa disebut Space and Motion Discomfort.

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami fobia ketinggian ?

Beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab fobia ketinggian antara lain :

  • Trauma
    Fobia biasanya berhubungan dengan suatu peristiwa traumatis yang menyebabkan pergolakan emosional dan menyebabkan timbulnya ketakutan psikologis dari ketinggian. Dan ketika seseorang dihadapkan pada situasi yang kurang lebih sama dengan yang membuatnya trauma, ia akan bereaksi dengan berlebihan. Ketakutan ini sebenarnya adalah sebuah mekanime pertahanan diri dan bertahan hidup yang berasal dari respon rasa takut yang normal, dan bisa jadi merupakan suatu kondisi turun temurun. Dengan demikian, cara menghilangkan trauma pada anak perlu dilakukan sejak dini.

  • Pola Asuh
    Kebiasaan mengintimidasi dan menakut – nakuti anak sewaktu kecil dengan berbagai cerita seram tentang tempat yang tinggi. Misalnya cara mendidik anak usia dua tahun dengan memberikannya cerita seram mengenai tempat tinggi agar anak tidak bermain panjat memanjat tanpa diawasi, atau karena sebab lainnya. Hal tersebut merupakan pola asuh anak usia dini yang kurang tepat. Biasanya tujuan orang tua melakukan hal tersebut adalah untuk mencegah anak bermain di tempat yang tinggi, namun dengan cara penyampaian yang salah yaitu menakuti anak dengan cerita – cerita yang kurang masuk akal sehingga menimbulkan ketakutan pada benak sang anak.

  • Pola Pikir Sendiri
    Kebanyakan orang memang menghubungkan tempat yang tinggi dengan suatu hal yang tidak aman, sehingga cenderung menghindarinya jika bisa. Terbentuknya pola pikir bahwa tempat tinggi biasanya berkaitan dengan bahaya terjatuh akan menanamkan pikiran bahwa tempat tinggi adalah tempat yang tidak aman.