Apa penyebab di balik Neuroblastoma?

Neuroblastoma adalah kanker yang berkembang dari sel-sel saraf yang belum matang. Kanker ini umumnya diderita oleh balita dan jarang menyerang anak di atas usia 10 tahun. Apa penyebab di balik Neuroblastoma?

Sama seperti kanker lain, neuroblastoma disebabkan oleh adanya mutasi genetik. Mutasi ini membuat sel-sel biasa untuk terus tumbuh tanpa terkendali.

Faktor yang diduga paling berpengaruh di balik risiko kanker ini adalah genetik. Anak-anak dengan orang tua atau kerabat yang pernah mengidapnya, memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengalaminya.

Kanker ini berawal dari sel-sel neuroblast. Sel saraf yang belum matang ini dibangun oleh janin sebagai bagian dari proses perkembangannya.

Pada kondisi normal, neuroblast akan berubah menjadi sel dan serabut saraf maupun sel pembentuk kelenjar adrenal. Sel-sel ini akan matang saat bayi lahir.

Meski demikian, ada juga neuroblast yang masih tersisa pada bayi yang baru lahir. Sebagian besar akan mematangkan diri atau menghilang atau neuroblast, namun sebagian lagi bisa membentuk tumor.