Apa penyebab dari gigi hitam?

Gigi berlubang masalah kesehatan pada gigi dimana hal tersebut akan berujung pada kerusakan gigi. Kerusakan ini terjadi karena adanya rongga di gigi yang akan menyebabkan berbagai bakteri berkembang dan akhirnya gigi akan keropos dan berubah warna menjadi hitam. Gigi hitam lama-kelamaan akan merusak gigi. Apa penyebab dari gigi hitam?

Berikut penyebab gigi hitam.

  1. Bakteri
    Penyebab gigi hitam yang pertama adalah karena adanya bakteri. Bakteri ini dibawa oleh berbagai makanan dan singgah di celah-celah gigi anda. bakteri ini akan berkembang ketika anda sering mengonsumsi makanan yang manis dan kandungan gula tinggi. Sehingga akan menyebabkan gigi anda keropos dan berwarna hitam. Jika semakin parah, gigi anda akan hilang. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menjaga kesehatan gigi. Selain itu anda disarankan untuk mengetahui tentang cara menjaga kesehatan gigi.

  2. Timbulnya Plak pada Gigi
    Penyebab gigi hitam selanjutnya adalah adanya plak pada gigi. Plak ini merupakan sarang untuk bakteri berkembang dan akan merusak gigi anda. jika tidak segera ditangani maka plak itu akan membuat gigi anda berlubang dan berubah menjadi hitam. Oleh karena penting bagi anda untuk menjaga kebersihan mulut agar plak tidak menempel di gigi anda. selain itu anda juga disarankan untuk mengetahui tentang cara mengatasi bau mulut.

  3. Pola Makan
    Penyebab gigi hitam selanjutnya adalah pola makan. Makanan yang mengandung karbohidrat dan kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan gigi hitam dan berlubang. Selain itu, makanan seperti minuman bersoda, bertepung, dan lainnya juga akan dapat menyebabkan gigi hitam. Oleh karena itu jaga pola konsumsi anda agar gigi anda tetap sehat.

  4. Kebersihan Mulut yang Buruk
    Penyebab gigi hitam yang selanjutnya adalah kebersihan mulut yang buruk. Penyebab bau mulut biasanya juga karena kebersihan mulut yang buruk. Selain itu juga dengan pola konsumsi yang tidak sehat sehingga menyebabkan mulut bau. Selain itu juga akan membuat gigi anda hitam dan berlubang serta keropos.

  5. Merokok
    Penyebab gigi hitam yang selanjutnya adalah kebiasaan buruk merokok. Hal itu dikarenakan kandungan tembakau yang akan mengganggu produksi air liur. Padahal fungsi air liur itu sendiri adalah untuk menjaga permukaan gigi agar tetap bersih. Akhirnya gigi akan menjadi hitam dan mengeropos. Anda juga harus mengetahui tentang bahaya merokok.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/penyebab-gigi-hitam