Apa penyebab buta warna ?

Buta warna adalah berkurangnya kualitas penglihatan terhadap warna yang umumnya diturunkan kepada anak dari orang tua sejak dilahirkan. Apa penyebabnya yang lebih detail ?

image

uta warna adalah suatu keadaan di mana mata seseorang tidak mampu untuk menangkap suatu warna tertentu. Seseorang yang memiliki buta warna akan kesulitan melihat merah, hijau, atau biru atau campuran warna-warna ini. Sangat jarang bahwa seorang penderita penyakit ini tidak melihat warna sama sekali.

Masalah buta warna dapat mengubah hidup seseorang, misalnya mungkin membuat seseorang lebih sulit untuk belajar dan membaca, dan mungkin tidak dapat menjangkau karir atau lapangan perkerjaan tertentu. Tapi anak-anak dan orang dewasa penderita buta warna dapat belajar untuk menyesuaikan masalah dalam melihat warna.

Buta warna yang diwarisi tidak dapat diobati atau diperbaiki. Untuk jenis yang paling sering dari penyakit ini adalah merah-hijau. Tidak ada penanganan yang diperlukan, karena mata berfungsi secara normal untuk melihat. Seseorang justru mungkin tidak menyadari bahwa buta warna jika hanya warna merah atau hijau, kecuali ada suatu kesempatan yang menyadarkan dirinya bahwa warna yang dilihat berbeda dari oleh orang lain.

Buta warna yang bukan diwariskan dapat diobati, tergantung pada penyebabnya. Sebagai contoh, jika katarak yang menyebabkan masalah dengan penglihatan warna, operasi untuk mengangkat katarak dapat mengembalikan penglihatan warna normal.

Anda dapat menemukan cara untuk membantu menyembuhkan masalah penglihatan warna, seperti:

  • Memakai lensa kontak berwarna. Ini dapat membantu Anda melihat perbedaan antara warna. Tapi lensa ini tidak memberikan penglihatan warna normal dan dapat mendistorsi objek
  • Memakai kacamata anti-ultraviolet. Orang dengan masalah penglihatan warna yang parah bisa melihat perbedaan antara warna yang lebih baik ketika cahaya lebih redup atau tidak silau
  • Belajar untuk mencari isyarat terang-gelap atau peletakkan barang bukan dari warna. Sebagai contoh, Anda dapat mempelajari urutan tiga lampu berwarna pada lalu lintas. Merah itu di atas, kuning itu di tengah, hijau itu di bawah. Dengan begitu Anda tidak kesulitan untuk berada di jalan raya.

Sumber : doktersehat.com

http://doktersehat.com/buta-warna/