Apa penyakit hepatitis itu?

Penyakit hepatitis menyerang organ hati atau liver. Hepatitis ada 3 macam, hepatitis A, B, dan C. Ketiganya disebabkan oleh serangan virus. Apakah sebenarnya penyakit hepatitis?

Apa itu Hepatitis ?
Hepatitis adalah istilah umum penyakit yang merujuk pada peradangan yang terjadi di hati. Hepatitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus, meskipun juga dapat disebabkan oleh kondisi lain. Beberapa penyebab hepatitis selain infeksi virus adalah kebiasaan minum alkohol, penyakit autoimun, serta zat racun atau obat-obatan tertentu.

Hepatitis dapat mengganggu berbagai fungsi tubuh terutama yang berkaitan dengan metabolisme, karena hati memiliki banyak sekali peranan dalam metabolisme tubuh, seperti:

  1. Menghasilkan empedu untuk pencernaan lemak.
  2. Menguraikan karbohidrat, lemak, dan protein.
  3. Menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh.
  4. Mengaktifkan berbagai enzim.
  5. Membuang bilirubin (zat yang dapat membuat tubuh menjadi kuning), kolesterol, hormon, dan obat-obatan.
  6. Membentuk protein seperti albumin dan faktor pembekuan darah.
  7. Menyimpan karbohidrat (dalam bentuk glikogen), vitamin, dan mineral.

Hepatitis yang terjadi dapat bersifat akut maupun kronis. Seseorang yang mengalami hepatitis akut dapat memberikan beragam manifestasi dan perjalanan penyakit. Mulai dari tidak bergejala, bergejala dan sembuh sendiri, menjadi kronis, dan yang paling berbahaya adalah berkembang menjadi gagal hati. Bila berkembang menjadi hepatitis kronis, dapat menyebabkan sirosis dan kanker hati (hepatocellular carcinoma) dalam kurun waktu tahunan. Pengobatan hepatitis sendiri bermacam-macam sesuai dengan jenis hepatitis yang diderita dan gejala yang muncul.

Sumber : Hepatitis