Apa penyabab Mengi dan bagaimana cara mengatasinya?


Mengi adalah istilah untuk menggambarkan suara bernada tinggi saat bernapas.Mengi ditandai dengan bunyi napas seperti bersiul, dan bisa disertai rasa sesak di dada. Mengi akan terdengar lebih keras dan jelas jika menutup telinga saat mengembuskan napas. Lalu apa saja penyebab nya dan bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi mengi tanpa obat
Mengi yang muncul tiba-tiba tentu membuat Anda merasa terganggu. Namun, tenang saja karena Anda bisa mencegah dan mengatasi mengi dengan cara-cara di bawah ini.

  1. Oleskan minyak esensial di dada
    Beberapa minyak esensial (essential oil) diketahui dapat mengurangi kambuhnya mengi. Namun perlu diingat, penggunaan yang efektif justru pada saat mengi belum kambuh. Beberapa minyak esensial yang diketahui bermanfaat adalah minyak daun mint, minyak kayu putih, minyak bunga lavender, dan minyak cengkeh.
    Campurkan dua tetes minyak essensial ke dalam seperempat cangkir takar carrier oil yang akan mengencerkan essential oil. Balurkan di dada dan hirup selama 15-20 menit, kemudian lap hingga bersih dari dada Anda. Khusus minyak lavender dan minyak kayu putih, campurkan 2-3 tetes minyak ke dalam baskom berisi air panas. Posisikan wajah Anda di atas air (dengan mata terpejam supaya tidak iritasi) tanpa menyentuh air. Kemudian tutup kepala Anda dengan handuk sehingga seluruh uap masuk ke dalam saluran pernapasan Anda.
    Akan tetapi, beberapa orang terlalu sensitif pada bau-bau tertentu dan justru dapat memicu mengi. Jadi gunakan dengan hati-hati dan hentikan pemakaian apabila gejala bertambah parah.

  2. Mandi air hangat
    Anda juga bisa meletakkan handuk hangat di dada Anda selama sekitar 30 menit lalu mandi air hangat selama 15 menit. Panas dan uap dari air hangat yang Anda gunakan dapat membantu melegakan pernapasan. Selain itu, hal ini juga akan membuat tubuh Anda rileks dan lebih nyaman. Terutama kalau Anda mandi air hangat sebelum tidur. Anda jadi bisa tidur lebih nyenyak tanpa bunyi napas yang mengganggu.

  3. Hindari asap rokok
    Merokok dapat memicu terjadinya masalah pernapasan. Salah satu efek samping dari merokok atau menghirup asap rokok sebagai perokok pasif adalah mengi. Anda yang sudah punya kondisi ini juga akan merasakan gejala yang tambah parah bila menghirup asap rokok.
    Jika mengi yang Anda alami tidak diketahui penyebabnya, terjadi berulang, dan berat, maka Anda pelru segera berkonsultasi ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi