Apa pentingnya Vitamin Prenatal untuk kehamilan?


Vitamin prenatal penting dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memastikan kebutuhan nutrisi tercukupi ketika mengandung. Saat hamil, kebutuhan nutrisi meningkat. Kendati zat gizi bisa diperoleh dari makanan yang dikonsumsi, namun seringkali belum mencukupi kebutuhan. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi vitamin prenatal demi menjaga kesehatan ibu dan janin. Apa sebenarnya kandungan dari vitamin ini ?

Apa itu vitamin prenatal?
Vitamin prenatal atau suplemen prenatal mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan ibu dan bayi. Vitamin prenatal umumnya mengandung tiga zat gizi penting, yaitu asam folat, zat besi, dan kalsium. Ketiga zat gizi ini sangat dibutuhkan ibu hamil dan mengalami peningkatan saat hamil.

Asam folat dibutuhkan untuk mencegah cacat lahir pada bayi karena asam folat berperan penting dalam pembentukan awal otak dan sumsum tulang belakang. Memenuhi kebutuhan asam folat sebelum hamil sampai beberapa minggu setelah kehamilan sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Asam folat sintetis lebih mudah diserap tubuh daripada asam folat alami yang ditemukan dalam makanan. Jadi, mengonsumsi suplemen asam folat sangat dianjurkan, walaupun Anda sudah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Zat besi juga mengalami peningkatan pada masa kehamilan karena volume darah ibu bertambah. Zat besi ini berperan untuk mengantarkan oksigen untuk ibu dan bayi. Kekurangan zat besi saat hamil dapat menyebabkan ibu menderita anemia defisiensi besi, di mana dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan kematian bayi.

Kalsium juga dibutuhkan untuk membantu mencegah ibu kehilangan kepadatan tulangnya karena bayi menggunakan kalsium pada tubuh ibu untuk pertumbuhan tulangnya. Selain untuk pertumbuhan tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi, kesehatan otot dan saraf (termasuk pada jantung).

Sumber : Vitamin Prenatal