Apa pentingnya tagging dalam Minimum Viable Product (MVP)?


Tujuan dari membuat MVP adalah untuk belajar dan mengulang. Tidak ada cara untuk belajar (maksud saya benar-benar belajar) dengan pelangganmu kecuali kamu memiliki sebuah sistem yang mengizinkanmu untuk melacak apa yang pelangganmu lakukan dengan produkmu. Kamu butuh data berharga tersebut untuk membuat keputusan berdasar. Kamu bisa melakukan penelitian kuantitatif dan menanyakan pelangganmu mengenai perasaan mereka terhadap produkmu.

Pentingnya tagging dalam MVP yaitu Tidak ada yang akan keluar tanpa tagging. Kita perlu memastikan untuk membuat tags ke MYP yang akan membantu untuk memahami bagaimana produk akan berperilaku melawan KPI (Keu Performance Indicators) dan menimbang asumsimu.

Tag analitik (atau tracking) biasanya disediakan oleh pihak ketika seperti Google Analytics untuk membantu kita mengintegrasikan produk kita (Situs, aplikasi ponsel) dengan alat pelacak. Tracking tag tidaklah lebih dari sekedar kode yang perlu kamu sisipkan di source code produkmu untuk mengirim aksi pengguna apapun yang ini kamu lacak dan memudahkan untuk memvisualisasikan data.

Mari katakan kamu ingin melacak jumlah dari suatu tombol diklik, penyedia akan menanyakanmu untuk menambahkan sebuah event tag ke source code dari tombol untuk memastika sebuah tag melakukan pengiriman data tiap kali pengguna menekan tombol tersebut. Alat mereka nantinya akan mendaftarkan aksi ini dengan aksi lainnya yang kamu tentukan untuk memberimu pandangan detil mengenai yang penggunamu lakukan dengan produkmu.

Referensi

https://webdesign.tutsplus.com/id/articles/how-to-work-with-mvps-minimum-viable-products--cms-28689