Apa pentingnya Stakeholder Management Plan dalam pembuatan Project Management Plan ?

Dokumen terpenting di awal-awal Project setelah Project Charter adalah Project Management Plan (PM Plan). Dibilang sangat penting karena ini menentukan sukses tidaknya sebuah Project.

Apa pentingnya Stakeholder Management Plan dalam pembuatan Project Management Plan ?

Stakeholder adalah semua individu/badan yang ikut berperan dalam proses pelaksanaan proyek yang sedang dibuat. Dalam sebuah proyek pasti terdapat kebutuhan stakeholder yang harus dicapai saat proses pembuatan proyek telah selesai dilaksanakan. Pada sebuah proyek kita juga harus mengenal siapa-siapa yang menjadi stakeholder kita dan sebisa mungkin tetap menjaga hubungan baik dengan mereka.

Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan dalam menjalin hubungan baik dengan stakeholder:

  • Manage Closely : Hubungan harus dijaga tetap dekat, diperuntukkan bagi stakeholder yang memiliki power dan influence yang tinggi terhadap proyek.

  • Keep Informed : Stakeholder diinformasikan setiap ada kejadian penting dalam proyek, bagi stakeholder yang memilki power high dan influence low terhadap proyek.

  • Keep Satisfied : Stakeholder sebisa mungkin tetap dibuat senang bagi keberlangsungan proyek, pendekatan stakeholder dengan strategi keep satisfied biasanya diperuntukkan untuk pengguna produk proyek yang dibuat dikarenakan memilki power level tinggi bagi keberlangsungan proyek.

  • Monitor : diperutukkan bagi stakeholder dengan power level low dan influence level low.

1 Like