Apa pentingnya sebuah protokol?

Dalam sebuah komputer untuk bisa terhubung dengan yang lain kita biasanya membutuhkan sebuah protokol agar jaringan komputer dapat terhubung dan mengakses data yang sama, jadi apa pentingnya sebuah protokol ?


Sebuah protokol digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya dan digunakan pada umumnya untuk bertukar informasi secara tepat. Protokol sendiri adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim (transmitter) dan sisi penerima (receiver) agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar. Selain itu protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama. Protokol juga memiliki fungsi secara detail yaitu :

1. Fragmentasi dan Reassembly.


Fungsi fragmentation dan reassembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi paket menjadi paket berita yang lengkap.

2. Encapsulation.
image
Fungsi dari encapsulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi dan lain-lain.

3. Connection Control.


Fungsi dari connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver, dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.

4. Flow Control.
image
Fungsi dari flow control adalah mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver.

5. Error Control.
image
Dalam pengiriman data tak lepas dari kesalahan, baik itu dalam proses pengiriman maupun pada waktu data itu diterima. Fungsi dari error control adalah mengkontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.

6. Transmission Service.
image
Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan data serta perlindungan data.

Protokol penting karena tanpa protokol, sebuah komputer yang sedang mengirimkan data bisa jadi mengirimkan data tersebut dalam paket 8-bit sementara komputer yang menerimanya mengharapkan paket 16-bit. Protokol-protokol diciptakan dan disepakati secara internasional oleh organisasi-organisasi industri di dalamnya.

Sumber :man_technologist: :

Protokol adalah sebuah kumpulan aturan atau format standar yang mengatur proses komunikasi, pengiriman dan penerimaan pesan, pembacaan pesan dan mengkoordinasikan semua komputer yang terhubung didalam suatu jaringan sehingga memudahkan dalam proses komunikasi, transfer data dan koneksi.

Protokol berada disemua layer pada pemodelan layer di dalam jaringan komputer dan memiliki fungsi masing-masing. Antar protokol baik pada layer yang sama dan layer yang berbeda dapat saling berkomunikasi dan berkaitan satu sama lain didalam menjalankan tugasnya. Dengan adanya protokol memberikan beberapa manfaat diantaranya :

  1. Digunakan untuk membantu proses Flow Control pada jaringan komputer
  2. Digunakan untuk membantu proses Error Control pada jaringan komputer
  3. Digunakan untuk membantu proses multiplexing pada jaringan komputer.
  4. Digunakan untuk membantu proses transmisi paket data pada jaringan komputer.
  5. Digunakan untuk membantu melakukan control terhadap koneksi didalam jaringan komputer
  6. Digunakan untuk membantu pemecahan paket data dan penyusunan kembali paket data di dalam jaringan komputer
  7. Digunakan untuk membantu memberikan alamat pada jaringan komputer.
  8. Digunakan untuk memberikan perintah dan menjalankan perintah pada jaringan komputer
  9. Digunakan untuk membatu dalam pengiriman dan transmisi paket data didalam jaringan komputer
  10. Digunakan untuk membantu pembungkusan paket data dan unit paket data serta pembukaan pembungkusan didalam jaringan komputer.
  11. Menjadi dasar didalam pemodelan layer pada jaringan komputer
  12. Membantu menyediakan layanan secara cepat didalam jaringan komputer tanpa perlu pengecekan didalamnya.
  13. Membantu dalam penyediaan layanan berbasis web dan elektronik.
  14. Layanan keamanan dan adanya enkripsi serta kriptografi.

Sumber ::bulb:


PROTOKOL ITU PENTING DALAM JARINGAN!


image

Protokol memang sangat penting untuk dipakai. Dalam mengakses data, diperlukanlah sebuah protokol.

Protokol adalah suatu aturan yang mendefinisikan fungsi yang terdapat di dalam sebuah Jaringan komputer, seperti misalnya mengirimkan pesan, mengirimkan data, mengirimkan informasi dan fungsi lainnya yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan penerima supaya komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan benar walaupun sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda.

Adapun sebuah protokol memiliki fungsi membagi data ataupun menerima data.

Fungsi – fungsi protokol secara detail dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Fragmentasi dan Reassembly
Fungsi dari fragmentasi dan reassembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket berita yang lengkap.

b. Encaptulation
Fungsi dari encaptulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi dan lain-lain.

c. Connection Control
Fungsi dari connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver, dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.

d. Flow Control
Fungsi dari flow control adalah mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver.

e. Error Control
Dalam pengiriman data tak lepas dari kesalahan, baik itu dalam proses pengiriman maupun pada waktu data itu diterima. Fungsi dari error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.

f. Transmission Service
Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.

itulah sebabnya mengapa protokol penting untuk sebuah jaringan. Dengan adanya protokol, kita dapat menerima ataupun mengirim sebuah data dengan aman dan nyaman.

Sumber :