Apa pentingnya pengendalian (controlling) dalam manajemen organisasi?


Jika suatu organisasi ingin mencapai tujuan pastinya organisasi akan melakukan pengendalian (controlling) dalam menghadapi suatu masalah yang dihadapi oleh organisasi lalu apa pentingnya dari pengendalian itu sendiri dalam manajemen sebuah organisasi?

Pengendalian merupakan salah satu fungsi dalam manajemen suatu organisasi. Dimana memiliki arti suatu proses mengendalikan, mengawasi dan mengevaluasi suatu kegiatan. Suatu Pengendalian dikatakan penting karena tanpa adanya pengawasan yang baik tentunya akan menghasilkan tujuan yang kurang memuaskan, baik bagi organisasinya itu sendiri maupun bagi para karyawan.
image
Proses controlling sendiri terbagi dalam 3 proses yaitu :
a. Penetapan standar
Menetapkan kriteria pengukuran yang akan digunakan sebagai patokan untuk penilaian hasil-hasil standar seperti standar fisik,standar moneter, standar waktu, dan lain-lain

b. Pengukuran kinerja
Mengecek apakah kinerja yang dilakukan sudah sesuai dengan standar yang ada.

c. Pengambilan tindakan korektif
Alternatif tindakan yang diambil jika hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan standar yang ada.

Setelah mengetahui proses-proses yang terjadi pada controlling kita bisa mengetahui pentingnya proses pengendalian dalam manajemen organisasi, yaitu :

  1. Membantu mencapai tujuan dari organisasi
    Proses pengendalian adalah proses mengawasi dan mengawasi hasil implementasi dari suatu rencana organisasi. Dengan adanya controlling dapat membantu menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin ada dan selanjutnya dapat diatasi dengan mengambil tindakan korektif sehingga membantu mencapai tujuan dari organisasi.

  2. Menilai standar akurasi
    Seorang manajer harus membandingan kinerja yang dilakukan oleh karyawannya. Apakah kinerja karyawannya sudah sesuai dengan standar yang berlaku sehingga manajer bisa mengetahui kualitas kinerja dari karyawannya

  3. Mengefisiensi penggunaan sumber daya
    Sumber daya yang ada seperti SDM dan physical resources dapat di kelola dengan baik dan efisien dikarenakan proses controlling memastikan karyawan berkerja sesuai standar yang ada.

  4. Meningkatkan motivasi karyawan
    Proses controlling membuat karyawan yang berkerja di suatu perusahaan berkerja secara maksimal dikarenakan mereka tahu bahwa kinerja mereka akan dinilai apakah pekerjaan mereka sudah sesuai dengan standar, sudah memuaskan atau tidak yang dimana penilaian tersebut berefek pada karir mereka.

  5. Menjamin tidak adanya kecurangan
    Proses controlling akan memastikan semua aktifitas kecurangan-kecurangan tidak terjadi seperti mencuri,korupsi, menunda-nunda pekerjaan, berperilaku yang buruk, dan lain-lain.

  6. Menyelaraskan koordinasi antar departemen
    Proses controlling akan memastikan koordinasi antar semua departemen organisasi selaras karena koordinasi sangat diperlukan agar tercapai tujuan organisasi dengan baik.

Dengan demikian proses controlling dalam manajemen organisasi sangat berpengaruh bagi organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Referensi :
http://www.yourarticlelibrary.com/business/what-is-the-importance-of-controlling-6-facts/1024
https://businessandfinance.expertscolumn.com/controlling-important-function-management-process