Apa Pentingnya Motivasi, Reward dan Punishment pada Manajemen Organisasi?

Manajemen Organisasi sangat dibutuhkan dalam proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu organisasi atau entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan. Dalam mengendalikan/ memanage sumber daya, khususnya sumber daya manusia seorang manager perlu memberikan motivasi,reward maupun punishment. Lalu apa pentingnya hal tersebut?

Manajemen Organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu organisasi atau entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan. Manajemen organisasi ini merupakan proses lanjutan setelah proses penentuan strategi untuk mencapai visi dan misi organisasi. Salah satu sumber daya yang mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi yaitu Sumber Daya Manusia. Sehingga manajer harus mengoptimalkan manajemen untuk SDM nya. Salah satu bentuk manajemennya yaitu dalam bentuk motivasi. Cara untuk memotivasi karyawan salah satunya dengan menerapkan reward dan punishment system.

“Suatu organisme (manusia/hewan) yang dimotivasi akan terjun ke dalam suatu aktivitas secara lebih giat dan lebih efisien daripada yang tanpa dimotivasi. Selain menguatkan organisme itu, motivasi cenderung mengarahkan perilaku (orang yang lapar dimotivasi untuk mencari makanan untuk dimakan; orang yang haus, untuk minum; orang yang kesakitan, untuk melepaskan diri dari stimulus/rangsangan yang menyakitkan” (Atkinson, Atkinson, & Hilgard, 1983).

Reward merupakan salah satu alat pengendali SDM yang penting, karena ini digunakan untuk memotivasi personel agar mencapat tujuan organisasi dengan perilaku sesuai dengan yang diharapkan oleh organisasi.

Sedangkan punishment merupakan sesuatu yang tidak disukai/disenangi oleh karyawan untuk menghasilkan efek jera sehingga tidak akan melakukan perbuatan yang sama. Bentuk-bentuk punishment antara lain kehilangan pekerjaan, tidak menerima kenaikan gaji, dihapus dari daftar karyawan yang akan dipromosi, penghinaan publik, kegagalan mendapatkan reward, ancaman pemecatan,dan lain sebagainya.

Bentuk reward yang lain adalah intrinsic reward. Dikatakan intrinsic reward apabila perusahaan memberikan otoritas kepada karyawan untuk membuat keputusan sendiri yang dianggap penting dalam pencapaian target perusahaan, sehingga karyawan dapat merasa dihargai kemampuannya dalam pembuatan strategi

Apabila reward and punishment system dijalankan dengan tepat dan bijak, maka perusahaan akan memiliki karyawan berkualitas baik dan bekerja lebih giat, sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan. Dan terpenting tujuan organisasi lebih mudah untuk dicapai

Referensi :
Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi Terlengkap
Reward And Punishment System Sebagai Alat Motivasi Karyawan
Motivasi Dan Organisasi