Apa pentingnya menerapkan perencanaan manajemen risiko ?

manajemen risiko

Melakukan sebuah perencanaan dalam menangani risiko yang telah diidentifikasi merupakan langkah penting yang harus dilakukan. Apa pentingnya menerapkan perencanaan manajemen risiko ?

1 Like

Manajemen risiko adalah tentang mempersiapkan diri sebaik mungkin terhadap kemungkinan terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, sehingga sangat dibutuhkan suatu perencanaan manajemen risiko.

Dengan melakukan perencanaan, kita mampu menggambarkan tindakan apa saja yang harus dilakukan demi tercapainya tujuan, meramalkan masalah-masalah apa yang akan terjadi beserta solusinya. Mengidentifikasi adanya hambatan dan peluang yang akan terjadi, sehingga mempu mempersiapkan tindakan-tindakan antisipasi agar tetap pada tujuan awal. Perencanaan juga dapat memperjelas tindakan-tindakan dan prosedur kerja, sehingga risiko ketidakpastian dalam mencapai tujuan dapat diminimalisir.

Dengan adanya perencanaan manajemen risiko, suatu organisasi/perusahaan mampu memastikan hal-hal yang paling penting untuk dijadikan prioritas utama dan untuk diperhitungkan.