Apa pentingnya memiliki rasa percaya diri?

Percaya diri

Percaya diri ( self-confidence ) adalah kemampuan individu untuk dapat memahami dan meyakini seluruh potensinya agar dapat dipergunakan dalam menghadapi penyesuaian diri dengan lingkungan hidupnya. Orang yang percaya diri biasanya mempunyai inisiatif, kreatif, dan optimis terhadap masa depan, mampu menyadari kelemahan dan kelebihan diri sendiri, berpikir positif, menganggap semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

Apa pentingnya memiliki rasa percaya diri ?

Percaya diri merupakan satu keharusan dalam diri masing-masing orang. Mengapa? Jika bukan kita yang percaya pada diri kita sendiri, lantas siapa lagi? Selain itu, memiliki rasa percaya diri membawa manfaat yang jarang kita duga. Pertama, memiliki rasa percaya diri membuat kita mampu menunjukkan siapa diri kita. Percaya diri tidak sama dengan sombong, tetapi kesombongan bisa terlihat dari percaya diri yang berlebihan. Memiliki rasa percaya diri mempermudah kita untuk berinteraksi dengan banyak orang baru di lingkungan baru. Bayangkan jika kita selalu pesimis dengan diri kita sendiri, orang lain pun akan berpikir dua kali untuk berkenalan dan mempercayai diri kita.

Manfaat kedua dari memiliki kepercayaan diri adalah menjadikan kita sebagai pribadi yang tidak mudah terpengaruh. Mengapa? Rasa percaya diri muncul dari keyakinan pada diri sendiri, ditambah jika kita memiliki pemikiran yang teguh dan realistis. Jika pondasi dalam diri sudah kuat, godaan seperti apapun tidak akan mudah memengaruhi kita. Selain itu, percaya pada diri sendiri terbukti membuat kita menjadi pribadi yang optimis, berpikir luas bahwa kita mampu melakukan hal seperti yang orang lain lakukan. Pada akhirnya, kita cenderung terbuka untuk melakukan hal baru dan tidak takut gagal. Sekalipun gagal, kita bisa berpikir bahwa ini adalah batu loncatan untuk mencapai kesuksesan selanjutnya.

Tidak berhenti sampai di situ, memiliki rasa percaya diri terbukti mampu menghilangkan keraguan. Semakin kita percaya pada diri sendiri, alam akan membantu kita mewujudkannya. Hal ini selaras dengan ungkapan ‘Anda adalah apa yang Anda pikirkan.‘ Kepercayaan diri yang penuh (bukan berlebihan) akan membuat kita menjadi pribadi yang realistis. Waktu kita untuk mengerjakan hal tidak terbuang dengan pikiran negatif dan khayalan yang belum tentu atau malah sama sekali tidak mungkin terjadi.

Seseorang yang menginginkan kesuksesan harus bekerja keras dan bekerja cerdas, untuk dapat melakukan dua hal tersebut diperlukan kepercayaan diri yang baik. Percaya diri tidak harus selalu terlihat sangat menonjol dibandingkan rekan yang lain, kepercayaan diri yang baik iyalah dapat memberi masukan dengan baik dan juga dapat menerima masukan dengan baik pula.

Seseorang dengan kepercayaan diri yang terlalu tinggi sangat dapat membuat rekan dan lingkungannya tidak nyaman, karena biasanya orang dengan kepercayaan diri yang berlibihan hanya akan menonjoldan dirinya sendiri tanpa mau mendengarkan masukan dari orang lain. Semoga kita tidak tergolong orang2 seperti ini dan selalu dapat mengontol diri dengan baik dalam segala hal.

Karena percaya diri itu penting dalam kehidupan sehari2. lebih baik maju dengan mempunyai rasa percaya diri dari pada mundur dan diam yang akan dianggap pecundang. tidak ada yang tidak mungkin jika kita yakin dalam keyakinan pasti bisa.

Ada sebagian anak yang kurang percaya diri entah kurangnya pengetahuan atau yang lainnya. menurut saya pribadi apapun yang terjadi pasti ada resiko. lebih baik baik maju dengan percaya diri sekalipun salah karena dari kesalahan kita dapat pendapat dan pengetahuan yang sebelumnya belum dikuasi nah dari situ kita bisa ambil hikmahnya bahwasanya percaya diri mampu meningkatkan kemampuan yang kita miliki.

Kepercayaan diri itu membantu agar supaya kita bisa melakukan sesuatu dalam banyak hal. Seseorang yang bisa dan mau melakukan suatu hal pastinya memiliki rasa kepercayaan diri yang cukup baik.

Lalu mengapa ada keraguan dan kekhawatiran yang selalu mengiringi setiap langkah serta tindakan yang akan dilakukan ?

Keraguan dan kekhawatiran itu adalah hal yang sangat wajar, keraguan dan kekhawatiran bisa menjadi sebuah kontrol agar kita juga tidak menjadi “over pede” karena terlalu percaya diri yang berlebihan juga bisa membuat ketidaknyamanan bagi lingkungan sekitar.Yang jelas, semua orang sukses pasti punya kepercayaan diri yang baik. Jadi kalau mau sukses dalam segala hal, mulailah percaya terhadap dirimu sendiri. Karena kita tidak akan pernah bisa sukses jika kita tidak bisa mempercayai diri kita jika kita itu mampu dan bisa.

Dengan kepercayaan diri pun kita akan lebih mudah dalam bergaul dengan siapa pun, karena biasanya orang dengan kepercayaan diri yang baik akan mudah bergaul dengan orang-orang baru. Tetapi perlu diingat, percaya diri yang terlalu over akan menyebabkan ketidak nyamanan pada lingkungan sekitar seperti teman-teman kita sendiri.