Apa pentingnya Komunikasi dalam Keluarga?

"Family is not an important thing. It is everything." - Michael J. Fox
Terlalu sibuk dengan pekerjaan dan tugas yang menumpuk terkadang membuat kita tidak bisa meluangkan waktu untuk keluarga.

Sebenarnya seberapa pentingkah komunikasi didalam keluarga kecil kita?

1 Like

Dalam keluarga tentunya komunikasi menjadi dasar penghubung dalam menjalin hubungan kekeluargaan. Cara berkomunkasi dalam keluarga pun nantinya akan membentuk bagaimana sifat anak dan cara anak dalam berperilaku. Terdapat beberapa poin mengapa komunikasi penting didalam sebuah keluarga

  • Membangun kejujuran anak
    Kejujuran akan lebih mudah dibangun dalam diri anak yang memiliki keluarga yang mampu untuk menjalin komunikasi dengan baik. Jika anggota keluarga aktif dalam memulai pembicaraan tentu anggota yang lain juga akan lebih mudah terbuka dan cenderung nyaman mengungkapkan perasaannya dengan jujur.

  • Mencegah konflik
    Komunikasi yang baik akan menimbulkan rasa saling menghormati satu sama lain sehingga bisa mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Semakin sering komunikasi dibudayakan dalam keluarga, maka anggota keluarganya akan semakin terbiasa menyelesaikan masalah melalui diskusi.

  • Mencegah Bullying
    Bullying akan lebih mudah untuk dicegah ketika anak terbuka kepada orang tuanya. Terkadang menjadi korban dalam bullying akan menurunkan tingkat kepercayaan seseorang dan mempersulit korban untuk berbicara dengan orang tuanya akan keadaan yang dihadapinya. Memiliki jalinan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak akan membantu orang tua untuk memahami situasi anaknya dan bisa memberikan solusi, memotivasi, dan mendorong kepercayaan diri anak.

  • Terbiasa mendengarkan
    Keterbukaan dalam keluarga hanya akan dapat dibangun ketika mereka saling mendengarkan satu sama lain. Oleh karena itu, terbiasa untuk saling mendengarkan adalah hal mendasar dimana jalinan hubungan antara keluarga dapat semakin erat.