Apa pengobatan untuk Akalasia ?

Akalasia adalah kondisi hilangnya kemampuan kerongkongan (esofagus) untuk mendorong makanan atau minuman dari mulut ke lambung

image

Pengobatan akalasia bertujuan untuk mengurangi gejala yang dirasakan pasien, membuka otot LES sehingga makanan dan minuman dapat masuk dengan mudah ke lambung, dan mencegah terjadinya komplikasi. Ada beberapa jenis penanganan terhadap penderita akalasia, antara lain:

  • Pelebaran kerongkongan. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan sebuah balon ke bagian kerongkongan yang mengalami penyempitan dengan bantuan endoskopi. Balon tersebut kemudian dikembangkan untuk memperbesar bukaan LES, sehingga makanan dapat masuk ke dalam lambung. Tindakan ini perlu dilakukan secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Suntik botox (botulinum toxin). Jenis pengobatan ini dilakukan untuk pasien dengan kondisi kesehatan secara umum kurang baik, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan tindakan pelebaran kerongkongan. Dokter akan menyuntikkan botox secara langsung ke LES melalui endoskopi, sehingga LES akan mengendur dan terbuka. Pengaruh suntik botox hanya bersifat sementara, dapat bertahan selama beberapa bulan dan terkadang beberapa tahun.
  • Operasi. Prosedur operasi untuk membuka LES dikenal dengan myotomy. Ada beberapa jenis operasi myotomy untuk menangani akalasia