Apa pengertian serta manfaat dari ekstranet dan intranet?

Dalam jaringan komputer kita bisa menemukan istilah ekstranet dan intranet. tentunya keduanya memiliki manfaat yang berguna bagi kita. sebenarnya apa itu ekstranet dan intranet ? dan apa saja manfaat dari ekstranet dan intranet?

Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar.

Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Manfaat Intranet antara lain adalah

  • Dapat menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri dengan biaya yang murah dan fleksibel.
  • Open standart dan banyak vendor yang bergabung dalam meningkatkan kemampuan intranet
  • Dapat membantu alat dan aplikasi
  • Mampu meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya

Ekstranet

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Extranet membuktikan untuk menjadi model sukses untuk semua jenis bisnis baik besar maupun kecil.
Berikut adalah beberapa keuntungan dari extranet untuk karyawan, penyalur (supplier), mitra bisnis, dan pelanggan:

Pengertian Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalamnya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi web dan teknologi komunikasi data. Intranet dapat juga diartikan kumpulan private segment dari jaringan internet umum, yang hanya disediakan untuk orang-orang tertentu yang diberi hak untuk menggunakannya. Intranet juga menggunakan protokol-protokolInternet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.

Penggunaan intranet sebetulnya tergantung dari bentuk organisasi penggunannya. Apakah suatu toko, perusahaan multinasional, suatu instansi perpustakaan atau departemen lainnya. Dengan memahami kerja organisasi tersebut maka mempermudah model design intranet yang akan digunakan. Hal ini menjadikan intranet benar-benar berdiri secara independen. Hal lain yang membedakan internet dengan intranet adalah dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan informasi intranet ditujukan bagi kalangan dalam suatu organisasi itu sendiri sementara informasi di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan umum.

Saat ini perangkat elektronik pintar sudah merambah diseluruh aspek kehidupan contohnya di kantor, sekolah, rumah. Beberapa sekolah sudah menerapkan teknologi intranet. Seluruh komputer terhubung dengan satu jaringan lokal. Intranet sebagai pendatang baru mengandalkan biaya yang murah, fleksibilitas, open standard, dan banyaknya vendor yang bergabung dalam meningkatkan kemampuan intranet serta jaminan perkembangan teknologi yang semakin meningkat kemampuannya.

Pengguna intranet yang berpengalaman, editorial, dan tim teknologi bekerja sama untuk menghasilkan website. Paling umum, intranet dikelola oleh departemen komunikasi, HR atau CIO organisasi besar, atau kombinasinya.

A. Dalam suatu institusi perpustakaan intranet banyak digunakan untuk:

  1. OPAC (Online Public Catalouge) atau katalog online yang dapat diakses di seluruh raungan perpustakaan yang terhubung dengan jaringan,
  2. Memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna, contoh jurnal kedokteran online medica hanya bisa di akses di perpustakaan kedokteran.
  3. Informasi sistem service, dll.
  4. Sistem sirkulasi online.

B. Manfaat penggunaan intranet untuk sekolah:

  1. Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah;
  2. Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan;
  3. Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran;
  4. Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu; dan,
  5. Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktek profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah.

Pengertian Extranet

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain. Contoh: aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.

Tidak dapat disangkal bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi internet, electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, intranet, dan lain sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antar negara. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik.


Sumber

Intranet Dan Ekstranet


Ekstranet

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Hampir semua manfaat internet maupun intranet bisa didapatkan pada extranet, tentunya dengan berbagai kelebihan, karena pada dasarnya extranet adalah konsep intranet yang di perluas jangkauan geografisnya.

  1. File Sharing – Mungkin manfaat terbesar dari extranet adalah kemampuan mereka untuk berbagi file besar dengan mudah dan mulus. jauh lebih mudah, dari sudut pandang TI, untuk memberikan akses penerima data dari sumbernya, daripada mencoba untuk mengirimkan file besar melalui email, fax, atau surat kertas. Juga, jika informasi sensitif, terbatas akses pada jaminan extranet bahwa hanya mereka dimaksudkan untuk melihat file dapat melihatnya, dan informasi ini tidak terlihat dalam terjemahan oleh pihak ketiga yang tidak diinginkan.

  2. Virtual Private Networks – Extranet memungkinkan untuk pelaksanaan Virtual Private Networks (VPN) bagi karyawan yang ingin bekerja dari jarak jauh. Sebuah VPN memberikan pengguna berwenang akses ke data yang mereka butuhkan pada extranet, terlepas dari lokasi mereka. Ini berarti untuk peningkatan produktivitas untuk bisnis, karena memungkinkan bagi karyawan untuk bekerja secara efisien saat bepergian, dari rumah, atau dari perangkat mobile mereka.

  3. Web-Hosting – Menurut sebuah laporan tahun 2006 tentang penggunaan extranet oleh Majalah Inc, Karen Leavitt, wakil presiden WebEx mengatakan extranet merupakan ukuran penghematan biaya baik untuk usaha kecil. Karena semua data di-host di web, meminimalkan TI penyimpanan dan biaya pelaksanaan. Extranet memungkinkan untuk akses data real-time, yang bermanfaat untuk hosting web-rapat jarak jauh, jauh lebih murah daripada tatap muka komunikasi bisnis.

  4. Keamanan – Tingkat keamanan yang diperlukan untuk extranet bervariasi pada fungsi dari situs dan jaringan. Menurut Ray Wagner, wakil presiden penelitian Gartner Inc untuk, situs publik dalam teori merupakan extranet. Tingkat keamanan ditempatkan pada extranet adalah apa yang membuatnya begitu berguna untuk bisnis. Administrator dari sebuah extranet dapat menentukan tingkat akses dan interaktivitas pengguna atau kelompok pengguna dapat memiliki di situs. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyediakan fungsionalitas yang diperlukan untuk pengguna eksternal, sementara dengan mudah melindungi akses data sensitif, semua tanpa harus mengambil pendekatan padat karya untuk pengguna dan manajemen jaringan.

Intranet

Intranet adalah jaringan pribadi (private network) yang menggunakan protokol Internet (TCP / IP), untuk membagi informasi rahasia tentang perusahaan atau operasi perusahaan untuk karyawannya. Kadang-kadang, istilah ini mengacu hanya untuk intranet layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan.

Untuk membangun sebuah intranet, maka jaringan harus memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, Internet Protocol (TCP / IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan server. HTTP dan protokol Internet lainnya (FTP, POP3, SMTP atau) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di Intranet digunakan Web, e-mail dll. persis seperti yang digunakan di Intranet. WARNET sebetulnya intranet yang sangat sederhana sekali, kebetulan tidak ada content yang khusus / spesifik yang internal di warnet web dengan perangkat database di belakangnya, biasanya merupakan alat bantu paling potensial untuk melakukan 2 hal utama yaitu:

  1. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat system informasi manajemen yang berbasis Web & database. Cukup banyak rasanya orang di Indonesia yang mengerti masalah MIS ini. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet). Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh ke e-commerce jika system backoffice MIS / ERP perusahaan tsb belum siap, karena akan tampak sekali cacatnya.

  2. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin kompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin dalam usahanya. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika dapat mengolah secara baik sumber daya manusia & sumber daya pengetahuan yang ada di internal badan / perusahaan tersebut. Ilmu / konsep yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep knowledge management. Dasarnya adalah bagaimana kita melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baik itu yang bersifat implicit maupun eksplisit. Masih jarang ahli di Indonesia yang menguasai teknik tsb, sebetulnya yang paling baik proses penguasaan teknik ini adalah para pustakawan.