Apa pengertian Hak Gadai (Pandrecht) sebagai hak kebendaan yang bersifat memberi jaminan?

hukum benda
Gadai adalah suatu hak yang diperoleh kreditur atas suatu benda bergerak, yang diberikan kepadanya oleh debitur atau orang lain atas debitur sebagai jaminan pembayaran dan memberikan hak kepada kreditur untuk mendapat pembayaran lebih dahulu daripada kreditur-kreditur lainnya atas hasil penjualan benda jaminan (Pasal 1150 BW).

Obyek dari hak gadai adalah benda bergerak. Benda bergerak yang dimaksudkan meliputi benda bergerak yang berwujud (lichamelijke zaken) berupa hak untuk mendapatkan pembayaran uang yang berwujud surat-surat berharga. Surat-surat berharga ini dapat berupa atas bawa (aan tonder), atas perintah (aan order) dan atas nama (oop naam)

  • Surat Berharga Atas Bawa (aan toonder)
    Surat Berharga Atas Bawa (aan toonder) -> memungkinkan pembayaran uang kepada siapa saja yang membawa surat-surat itu, misalnya : saham -> cara mengadakan gadai : menyerahkan begitu saja surat-surat berharaga itu kepada kreditur pemegang gadai.
  • Surat Berharga atas Nama (op naam Surat Berharga atas Nama (op naam) -> yang memungkinkan pembayaran uang kepada orang yang namanya disebutkan dalam surat itu -> maka cara mengadaikan gadai adalah harus diberitahukan kepada orang yang wajib membayar uang.
  • Surat Berharga atas Perintah (aan order)
    Surat Berharga atas Perintah (aan order -> yang memungkinkan pembayaran uang kepada orang yang disebut dalam surat seperti wesel dan cek -> cara menggadaikan gadai masih diperlukan penyebutan dalam surat berharga tersebut bahwa haknya dialihkan kepada pemegang gadai dan surat-surat berharga itu harus diserahkan kepada pemegang gadai.

Subjek Hak Gadai
Pemberi dan Penerima Hak Gadai hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang cakap untuk melakukan perbuatan hukum.

sumber: FH upnvj