Apa pengertian dari ilmu ekonomi manajerial?

ekonomi manajerial
Ekonomi manajerial merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

3 Likes

Ekonomi manajerial merupakan gabungan ilmu ekonomi dengan ilmu manajemen dimana Ilmu manajemen adalah ilmu mengenai bagaimana mengorganisasikan dan mengalokasikan sumberdaya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan demikian ekonomi manajerial merupakan aplikasi dari prinsip-prinsip dan metodologi ekonomi di dalam proses pembuatan keputusan bisnis di dalam perusahaan agar sumberdaya perusahaan yang terbatas dialokasikan pada penggunaan yang sebaik-baiknya.

Ekonomi manajerial adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam proses pengambilan keputusan perusahaan atau organisasi (Evan J. Douglas).

Ekonomi manajerial adalah pengetahuan yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan pengambilan keputusan yang menelaah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan secara efisien (Dominic Salvatore).

Ekonomi manajerial adalah merupakan ilmu bagaimana memimpin pengelolaan tujuan dengan berhasil dengan sumber daya yang terbatas secara efisien (Michael R. Baye).

Ekonomi manajerial merupakan aplikasi teori ekonomi dan praktik-praktik bisnis, berupa penggunaan teori-teori ekonomi dan teknik manajemen dalam analisis dan pemecahan masalah optimasi. Atau ekonomi manajerial adalah sinergi dari aplikasi teori ekonomi dan riset operasi.

Pusat perhatian ekonomi manajerial adalah konsep keuntunga, dimana keuntungan merupakan selisis penerimaan total dengan biaya total. Untuk lembaga yang tidak mencari keuntungan (nirlaba), selisis tersebut disebut surplus perusahaan.

Ekonomi manajerial juga menunjukkan studi yang bersifat interdisipliner dan terpadu karena di dalam pembahasannya mengandung elemen-elemen akuntansi, pembelanjaan (financial management), pemasaran, statistik dan metode kuantitatif. Ekonomi manajerial berisikan teori ekonomi, khususnya teori mikro-ekonomi, dimana mikro-ekonomi adalah teori ekonomi yang membahas perilaku variabel-variabel ekonomi individual.

Manfaat ekonomi manajerial

  1. Membantu para manajer untuk menganalisis bagaimana kekuatan ekonomi yang memengaruhi organisasi dari pantauan manajerial.
  2. Ekonomi manajerial menyarankan peraturan-peraturan, solusi-solusi untuk memperbaiki keputusan manajerial untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien.
  3. Memberikan aturan penetapan harga dan kekuatan yang menginginkan perusahaan mencapai tujuan pertumbuhannya.
Referensi

Sudrajat, Usep dan Suwaji. 2018. Buku Ajar Ekonomi Manajerial. Yogyakarta : Deepublish.

1 Like

Ekonomi manajerial berkaitan dengan penerapan konsep ekonomi, teori, alat, dan metodologi untuk memecahkan masalah praktis dalam bidang bisnis. Dengan kata lain, ekonomi manajerial adalah kombinasi dari teori ekonomi dan teori manajerial. Konsep ini membantu manajer dalam pengambilan keputusan dan bertindak sebagai penghubung antara praktik dan teori. Kadang-kadang disebut sebagai ekonomi bisnis dan merupakan cabang ekonomi yang menerapkan analisis ekonomi mikro untuk metode pengambilan keputusan bisnis atau unit manajemen lainnya.

Dengan demikian, ekonomi manjerial menjembatani teori ekonomi dan praktik ekonomi. Ini sangat menarik dari teknik kuantitatif seperti analisis regresi, korelasi, dan kalkulus. Jika ada tema pemersatu yang berjalan melalui sebagian besar ekonomi manajerial, itu adalah upaya untuk mengoptimalkan keputusan bisnis mengingat tujuan perusahaan dan diberikan kendala yang ditimbulkan oleh kelangkaan, misalnya melalui penggunaan riset operasi, pemrograman matematika, teori permainan untuk keputusan strategis, dan metode komputasi lainnya.

Area keputusan manajerial meliputi:

  1. Penilaian dana investasi
  2. Memilih area bisnis
  3. Pilihan produk
  4. Menentukan output optimal
  5. Promosi penjualan

Hampir semua keputusan bisnis dapat dianalisis dengan teknik ekonomi manajerial, tetapi ini paling sering diterapkan pada:

  1. Analisis risiko
    Berbagai model digunakan untuk mengukur risiko dan informasi asimetris dan menggunakannya dalam aturan keputusan untuk mengelola risiko.

  2. Analisis produksi
    Teknik ekonomi mikro digunakan untuk menganalisis efisiensi produksi, alokasi faktor optimal, biaya, skala ekonomi dan untuk memperkirakan fungsi biaya perusahaan.

  3. Analisis penetapan harga
    Teknik ekonomi mikro digunakan untuk menganalisis berbagai keputusan penetapan harga termasuk penentuan harga transfer, penetapan harga produk bersama, diskriminasi harga, estimasi elastisitas harga, dan pemilihan metode penetapan harga yang optimal.

  4. Capital budgeting
    Teori investasi digunakan untuk menguji keputusan pembelian modal perusahaan.

Di perguruan tinggi, mata pelajaran ini diajarkan terutama untuk mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana. Ekonomi manajerial dipelajari sebagai subjek integrasi. Artinya, ekonomi manajerial mengintegrasikan banyak konsep dari berbagai program prasyarat. Di banyak negara dimungkinkan untuk membaca gelar dalam Ekonomi Bisnis yang sering kali mencakup ekonomi manajerial, ekonomi keuangan, teori permainan, peramalan bisnis, dan ekonomi industri.

Ekonomi manajerial pada tingkat tertentu bersifat preskriptif karena menunjukkan tindakan terhadap masalah manajerial. Masalah dapat terkait dengan berbagai departemen di perusahaan seperti produksi, akun, penjualan, dll. Dan juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan.

  1. Masalah operasional

    • Permintaan keputusan
    • Keputusan produksi
    • Teori pertukaran atau teori harga
    • Semua aktivitas ekonomi manusia
  2. Masalah lingkungan

    • Sifat dan tren bisnis domestik / lingkungan internasional
    • Sifat dan dampak biaya sosial dan kebijakan pemerintah
Referensi
  1. W. B. Allen, Managerial Economics Theory, Applications, and Cases, 7th Edition. Norton. Contents.
  2. William J. Baumol (1961). “What Can Economic Theory Contribute to Managerial Economics?,” American Economic Review, 51(2), pp. 142-46. Abstract.
    • Ivan Png and Dale Lehman (2007, 3rd ed.). Managerial Economics. Wiley.
    • M. L. Trivedi (2002). Managerial Economics: Theory & Applications, 2nd ed., Tata McGraw-Hill.
  3. NA (2009). “managerial economics,” Encyclopædia Britannica. Cached online entry.
  4. Carl Shapiro (1989). “The Theory of Business Strategy,” RAND Journal of Economics, 20(1), pp. 125-137.
    • Thomas J. Webster (2003). Managerial Economics: Theory and Practice, ch. 13 & 14, Academic Press. Description.
  5. For a journal on the last subject, see Computational Economics, including an Aims & Scope link.
  6. James O. Berger (2008).“statistical decision theory,” The New Palgrave Dictionary of Economics, 2nd Edition.
    • Keisuke Hirano (2008). “decision theory in econometrics,” The New Palgrave Dictionary of Economics, 2nd Edition.
    • Vassilis A. Hajivassiliou (2008). “computational methods in econometrics,” The New Palgrave Dictionary of Economics, 2nd Edition.
  7. Trefor Jones (2004). Business Economics and Managerial Decision Making, Wiley.
    • Nick Wilkinson (2005). Managerial Economics: A Problem-Solving Approach, Cambridge University Press. Description and preview.
    • Maria Moschandreas (2000). Business Economics, 2nd Edition, Thompson Learning.