Apa pengertian dan tujuan risk management plan?

manajemen risiko

Risiko didefinisikan sebagai peristiwa yang memiliki probabilitas terjadinya, dan dapat berdampak positif atau negatif terhadap suatu proyek jika risiko tersebut terjadi. Risiko mungkin memiliki satu atau lebih sebab dan, jika terjadi dapat mengakibatkan satu atau lebih dampak. Misalnya, penyebabnya mungkin memerlukan izin lingkungan untuk melakukan pekerjaan, atau memiliki personil terbatas yang ditugaskan untuk merancang proyek. Kejadian resikonya adalah bahwa bagian perizinan mungkin memerlukan waktu lebih lama dari yang direncanakan untuk mengeluarkan izin, atau personil yang ditugaskan dan ditugaskan mungkin tidak memadai untuk kegiatan tersebut. Jika salah satu kejadian tidak menentu ini terjadi, mungkin ada dampak pada biaya proyek, jadwal atau kinerja. Semua proyek mengasumsikan beberapa elemen risiko, dan melalui manajemen risiko, alat dan teknik diterapkan untuk memantau dan melacak kejadian yang berpotensi mempengaruhi hasil proyek.

Manajemen risiko adalah proses berkelanjutan yang berlanjut melalui kehidupan sebuah proyek. Ini termasuk proses perencanaan manajemen risiko, identifikasi, analisis, pemantauan dan pengendalian. Banyak dari proses ini diperbarui sepanjang siklus hidup proyek karena risiko baru dapat diidentifikasi setiap saat. Ini adalah tujuan manajemen risiko untuk mengurangi kemungkinan dan dampak kejadian yang merugikan proyek. Di sisi lain, setiap peristiwa yang bisa berdampak positif harus dimanfaatkan.

Apa pengertian dan tujuan risk management plan?

Definisi dari Risk management plan atau sering dikenal sebagai rencana mitigasi risiko adalah dokumen formal yang menjelaskan bagaimana menangani risiko spesifik dan tindakan pengelolaan risiko apa yang dapat diambil untuk mengurangi atau menghapus ancaman terhadap kegiatan dan hasil. Rencana pengelolaan risiko memberi anggota tim manajemen merasakan tindakan pengelolaan risiko yang dapat mereka lakukan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan merespons ancaman di sekitar dan di dalam proyek. Rencana mitigasi risiko adalah rencana anak perusahaan dalam hirarki rencana manajemen. Definisi rencana pengelolaan risikoyang diberikan adalah umum dan relevan untuk sebagian besar jenis proyek, termasuk proyek TI dan proyek penyempitan.

Rencananya adalah bagian dari sistem informasi manajemen risiko umum yang ada selama siklus hidup keseluruhan proyek. Sistem informasi manajemen risiko menggabungkan semua kekuatan pendorong yang menyebabkan tim manajemen proyek melakukan beberapa tindakan untuk menangani risiko proyek.

Tujuan dari risk management plan adalah dimaksudkan untuk membimbing tim manajemen melalui seluruh proses pengelolaan risiko yang mencakup langkah-langkah utama seperti Risk Identifying, Risk Analyzing, Risk Responding and Risk Controlling. Tujuan rencana mitigasi risiko adalah untuk memberi tim pemahaman yang jelas tentang tindakan yang perlu dilakukan untuk melindungi proyek dari ancaman tersembunyi dan teridentifikasi dan memanfaatkan peluang yang ada untuk memperbaiki kinerja proyek

Referensi

https://www.phe.gov/about/amcg/contracts/Documents/risk-management.pdf