Apa pengaruh pembangunan Grand Ethiopian Renaissance Dam dan Pemenuhan Kebutuhan Air sebelum krisis di Negara Ethiopia?

krisis_internasional
kepentingan_nasional
pembangunan_berkelanjutan

(aditya) #1

image

Pembangunan Grand Ethiopian Renaissance Dam merupakan sebuah solusi kelangkaan air di Negara Ethiopia. Namun apa pengaruh GERD & Pemenuhan Kebutuhan Air sebelum krisis di Negara Ethiopia?


(hanaaa) #2

Menurut Muhammad Mohdar dkk, dalam Jurnal Hubungan Internasional yang berjudul Alasan Pemerintah Etiopia Membangun Grand Ethiopian Renaissance Dam (GERD) di Kawasan Sumber Daya Air Lintas Batas Negara menyebutkan bahwa Etiopia tengah berada pada kondisi water stress ataupun suatu kondisi yang mana tiap penduduk di Etiopia hanya memperoleh 1700 meter kubik air air setiap tahunnya. Peneliti melihat bahwa kondisi kelangkaan air yang terjadi menjadi semakin parah dan telah menunjukan tanda-tanda krisis air di Etiopia.

Pemerintah Etiopia memutuskan untuk tetap membangun sebuah bendungan besar multi fungsi yaitu GERD untuk memenuhi kebutuhan air dalam negeri sebelum terjadinya krisis. Krisis air diidentifikasi oleh Jan Selby dalam tulisan Thapliyal (2011) sebagai kondisi yang mana terjadi sebuah wacana ekologis, wacana teknis, serta wacana politis.