Apa pengaruh melakukan pengamatan dan survey dalam identifikasi resiko?

manajemen_risiko
identifikasi_risiko

(SIndahDwi) #1

Identifikasi Risiko

Identifikasi Risiko adalah usaha untuk menemukan atau mengetahui risiko-risiko yang mungkin timbul dalam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau perorangan. Kegiatan pengidentifikasian adalah hal yang sangat penting bagi seorang Manajer Risiko, sebab seorang Manajer Risiko yang tidak mengidentifikasi semua kerugian potensiil tidak akan dapat menyusun strategi yang lengkap untuk menanggulangi semua kerugian potensiil tersebut.

Apa pengaruh melakukan pengamatan dan survey dalam identifikasi resiko?


(Shella Indah Dwi Octaviani) #2

Menurut kamus Webster, pengertian survei adalah suatu kondisi tertentu yang menghendaki kepastian informasi, terutama bagi orang – orang yang bertanggung jawab atau yang tertarik. Menurut Singarimbun (1991) survei adalah “penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok”. Sedangkan menurut Suhermin (dalam blognya suhermin.blogspot.com) survei adalah aktivitas untuk mengestimasi sesuatu (seperti : jumlah orang, persepsi atau pesan-pesan tertentu).

Dari berbagai devinisi tentang survei tersebut di atas dapat di simpulkan bahwa survei merupakan suatu aktivitas atau kegiatan penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan suatu kepastian informasi (seperti : jumlah orang, persepsi atau pesan-pesan tertentu), dengan cara mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok.

Oleh karena itu survey sangat berpengaruh untuk mengidentifikasi suatu resiko, karena dengan melakukan survey dan pengamatan dilapangan kita dapat mengetahui kondisi suatu perusahaan atau organisasi, dan kita dapat mencari tahu resiko apa saja yang akan muncul sehingga dapat dilakukan antisipasi untuk menghadapi resiko tersebut.