Apa pengaruh IoT pada perkembangan mobile app?

mobile app saat ini sudah merajai berbagai bidang di seluruh dunia. pasti internet of things punya peran dalam hal ini. jadi apa pengaruh IoT pada perkembangan mobile app?

Mobile app saat bisa dibilang saat ini sebagai puncak kejayaannya, bisa kita lihat bahwa mobile app sudah hampir merajai hampir di segala bidang kehidupan ini, seperti e-commerce, e-banking, e-learning , dan masih banyak lagi. Hal tersebut tak lepas dari peran IoT (Internet of Things), karena tanpa adanya internet, mobile app tidak akan bisa berkembang seperti saat ini. Jadi apa peran / pengaruh IoT pada mobile app? Berikut ini adalah beberapa alasan hal tersebut bisa terjadi :

1. Analisis untuk mengatasi masalah
Dengan adanya internet of things, kita akan melakukan riset dan pengembangan yang lebih dalam mengenai pembuatan mobile app karena banyak perubahan yang harus diterapkan. Kita juga akan menemui beberapa isu seperti konektivitas antar perangkat misalnya. Sehingga dengan hasil analisis tersebut akan menghasilkan mobile app yang berkualitas dan bisa dikembangkan secara terus menerus.

2. Pengembangan pada tingkat terpisah
Pengembangan software biasanya bekerja pada tingkatan yang berbeda. Demikian pula, IoT juga bekerja pada tingkatan yang berbeda, dan juga kita harus mengenali hal tersebut ketika memulai pengembangan mobile app sehingga mobile app akan berkembang jika terintegrasi dengan tingkatan tingkatan IoT (perangkat, gateway, data, analitik, dan aplikasi).

3. Dunia sudah berada di genggaman
Dengan adanya IoT, semua orang bisa terhubung berbagai hal dengan mudah melalui mobile app. IoT bisa kita ibaratkan seperti jembatan dan mobile app sebagai pulau yang akan dihubungkan, jadi tidak heran jika IoT menjadi penghubung mobile app yang juga sekaligus meningkatkan perkembangan dari mobile app.

4. Penggunaan perangkat mobile
Kita pasti tahu bahwa hampir semua orang pasti menggunakan perangkat mereka hampir di setiap waktu mereka. Hal ini tidak lepas dari IoT yang menjadikan hal tersebut terjadi. Mulai dari bermain game hingga untuk bekerja kini bisa dilakukan hanya dengan satu perangkat saja berkat adanya IoT.

Berdasarkan data diatas, bisa kita ketahui bahwa Internet of Things membawa dampak yang luar biasa terhadap perkembangan mobile app. Hal ini jelas akan terus berlangsung untuk jangka panjang karena melihat potensi yang dikeluarkan belum maksimal, sehingga nantinya IoT tidak akan hanya mempengaruhi mobile app saja namun seluruh bidang kehidupan.

Sumber :


Internet of Things sangat berdampak pada pengembangan aplikasi mobile. Dengan tren yang berkembang untuk menghubungkan semua jenis perangkat fisik ke web dan mengendalikannya melalui smartphone.

Manfaat benda yang bisa saling terhubung cukup jelas dan berlimpah. Dengan menghubungkan perangkat ke ponsel cerdas, seseorang dapat memiliki kontrol penuh terhadap fitur yang disediakan oleh berbagai gadget dan mesin. Menjalankan perangkat melalui internet berarti aplikasi dapat mendorong pemberitahuan langsung ke telepon dan memperbolehkan parameter update juga, sehingga memungkinkan untuk menyalakan dan mematikan sistem dari jarak jauh.

Aplikasi ponsel dan aplikasi seluler memberi ruang lingkup untuk mengakses perangkat berkemampuan IoT . Berbagai sektor, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, ritel, perjalanan dan lainnya, menggunakan konektivitas dan aplikasi seluler untuk mengakses ekosistem IoT.

Ada beberapa manfaat pendekatan aplikasi seluler:

  • Aplikasi seluler meningkatkan keterlibatan pelanggan karena mereka dapat dengan mudah menggunakan aplikasi dan dapat memberikan opini berharga untuk membantu perkembangan bisnis.
  • Membuat aplikasi mobile sangat terjangkau; mereka mengurangi biaya pengiriman buletin dan SMS. Aplikasi dapat mengintegrasikan komunikasi langsung ke pelanggan melalui pesan.
  • Ini adalah pilihan yang lebih cepat daripada browsing web; Tidak perlu waktu sedikit pun untuk mengakses aplikasi karena pelanggan tidak perlu menunggu situs dimuat.
  • Perusahaan pengembang aplikasi seluler mencoba semaksimal mungkin untuk membuat aplikasi seluler yang ramah dengan IoT dan mereformasi pengembangan aplikasi seluler dan pengembangan aplikasi mobile dunia.

Selain itu, ada banyak alasan mengapa bisnis harus memilih aplikasi seluler IoT :

  • Pelanggan saat ini menggunakan ponsel cerdas mereka untuk mendapatkan informasi tentang segala hal. Tidak seperti situs tradisional, aplikasi seluler hadir dengan pilihan penjelajahan dan pembelian yang berkualitas, dan sekarang dianggap lebih penting saat ini untuk pertumbuhan bisnis daripada situs web.
  • Perusahaan dapat menjangkau target melalui aplikasi seluler, menyebarkan informasi ke semua pelanggan dalam hitungan detik. Dengan menggunakan fitur seperti notifikasi push, seseorang dapat terhubung ke pelanggan dan mengingatkan mereka akan pembaruan.
  • Aplikasi seluler dapat mempromosikan merek dan memenangkan sebagian besar pelanggan. Selanjutnya, seseorang bisa mendapatkan banyak pelanggan melalui aplikasi yang membujuk mereka untuk membeli produk dan layanan.
  • Aplikasi seluler terbukti menjadi platform sosial yang hebat. Ini karena mereka hadir dengan fitur, seperti suka, komentar dan sebagainya, yang bisa mendongkrak kehadiran media sosial.
  • Meningkatnya permintaan aplikasi mobile adalah karena aksesibilitas fleksibel mereka. Aplikasi seluler dapat diakses di ponsel cerdas 24 jam sehari, dari bagian manapun di dunia.

Tren IoT yang berkembang dan pengembangan aplikasi seluler

Tren IoT berkembang setiap harinya. Namun, juga benar bahwa internet adalah industri pemula dan akan memakan waktu lama untuk menjadi makmur. Perbaikan pada aplikasi mobile dan IoT dapat meningkatkan hubungan antara orang-orang di seluruh dunia. Banyak bisnis sudah menjalankan banyak perangkat secara online, menambahkan lapisan keamanan lainnya serta meningkatkan produktivitas dan waktu respons. Keamanan adalah titik tumpu utama dari setiap aplikasi perusahaan, dan IoT dapat membantu memperbaiki hambatan pertahanan secara keseluruhan dengan membiarkan perangkat fisik menjadi titik masuk pertama.

Terlebih lagi, cepatnya tren IoT akan mendorong pengembangan aplikasi mobile , yang menyebabkan ledakan pengembangan aplikasi mobile. Tanpa diragukan lagi, perangkat IoT akan segera ada dimana-mana.

Pembelanjaan perangkat keras oleh konsumen dan bisnis di perangkat IoT akan mencapai hampir $ 3 triliun pada tahun 2020. Semua investasi di IoT akan mendorong pengembangan aplikasi mobile. Di antara perangkat IoT yang paling populer adalah smartphone, yang memungkinkan orang tidak hanya mengakses aplikasi dan internet, namun juga menyediakan sejumlah besar data yang dapat disadap dan digunakan oleh bisnis di seluruh dunia.

Sebenarnya, IoT telah mengubah pengembangan aplikasi seluler. Dalam 10 tahun lagi akan ada ratusan ribu pekerjaan di bidang ini. Meskipun demikian, untuk mencapai tujuan akhir membuat kehidupan orang menjadi lebih mudah, pengembang harus terlebih dahulu mengalami penderitaan dalam membangun infrastruktur dan platform dari bawah ke atas. Mengembangkan aplikasi mobile mirip dengan pengembangan aplikasi web dan berakar pada pengembangan perangkat lunak yang lebih tradisional. Namun demikian, ada satu perbedaan utama: Aplikasi seluler sering dibuat secara khusus untuk mendapatkan keuntungan dari fitur unik yang ditawarkan perangkat seluler.

Sumber :

image
Bicara mengenai Internet of Thing yang biasa disebut dengan IoT tidak ada habisnya karena Internet of Things tidak mempunyai definisi tetap selalu ada saja bahasan entah itu berasal dari suatu keseharian kita hingga benda-benda yang dapt dijadikan perangkat untuk mempermudah aktivitas kita. Namun kita dapat menentukan apakah suatu perangkat merupakan bagian dari IoT atau tidak dengan pertanyaan berikut ini: Apakah produk suatu vendor dapat bekerja dengan produk dari vendor yang lain? Dapatkah suatu kunci pintu dari vendor A berkomunikasi dengan saklar lampu dari vendor B, dan bagaimana jika seorang pengguna ingin memasukkan termostatnya menjadi bagian dari komunikasi tersebut.

Jadi Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet.

“A Things” pada Internet of Things dapat didefinisikan sebagai subjek misalkan orang dengan monitor implant jantung, hewan peternakan dengan transponder biochip, sebuah mobil yang telah dilengkapi built-in sensor untuk memperingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah. Sejauh ini, IoT paling erat hubungannya dengan komunikasi machine-to-machine (M2M) di bidang manufaktur dan listrik, perminyakkan, dan gas. Produk dibangun dengan kemampuan komunikasi M2M yang sering disebut dengan sistem cerdas atau “smart”. Sebagai contoh yaitu smart kabel, smart meter, smart grid sensor.
Namun bagaimanakah IoT berpengaruh pada perkembangan mobile app?

IoT tentu sangat lah berpengaruh pada perkembangan mobile app karena :

1. IoT merupakan acuan bagi para developer untuk membuat mobile app
IoT menjadi dasar bagi para developer untuk membuat mobile app karena Teknologi yang diciptakan IoT menjadi salah satu dasar untuk pengembangan mobile app.

2. Investasi pada IoT akan mendorong pengembangan aplikasi mobile
Perangkat IoT yang paling populer adalah Smartphone , yang memungkinkan orang tidak hanya mengakses aplikasi dan internet. dengan banyaknya kesempatan bisnis yang ada pada smartphone dan laptop mendorong para investor untuk berinvestasi sehingga akhirnya mobile app juga ikut berkembang

3. IoT adalah dasar dari mobile app
Smartphone yang merupakan platform bagi mobile app sejatinya adalah Perangkat Iot yang paling populer . Sehingga mobile app sangat mengikuti perkembangan IoT.

Sumber: