Apa pendapatmu tentang PTN-BH?

gambar
Menurut pendapatmu bagaimana penerapan PTN-BH?

PTN-BH merupakan singkatan dari Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Perguruan Tinggi yang mempunyai status ini merupakan perguruan tinggi yang didirikan pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom.

Dapat disimpulkan bahwa PTN-BH adalah Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki otonomi penuh dalam mengatur anggaran rumah tangga dan keuangan perguruan tinggi itu sendiri. Sedangkan, perguruan Tinggi Negeri yang tidak memperoleh status PTN-BH maka tidak memiliki otoritas dalam menentukan anggaran rumah tangga dan keuangannya sendiri, melainkan diatur oleh pemerintah. Dan salah satu keuntungan perguruan tinggi dengan status PTN-BH yang saya tahu mereka bebas membuka dan menutup prodi yang ada pada Perguruan Tinggi tersebut.

Yang saya temukan diantara Perguruan Tinggi yang memiliki status PTN-BH mereka mendapat predikat sebagai kampus mahal. Dan saya jumpai restoran-restoran cepat saji didalamnya. Seperti ada kebutuhan akan investor. Saya masih menerka-nerka akan baik-buruknya PTN-BH. Digambarkan dalam banyak artikel jika PTN-BH baik dan dapat menunjang tingkat mutu suatu Perguruan Tinggi. Tapi banyak juga yang menganggap sebagai ancaman.

Yang saya pikirkan sampai saat ini, jika Perguruan Tinggi tempat saya menimba ilmu ini berubah menjadi PTN-BH akankah menjadi seperti Perguruan Tinggi yang memiliki restoran-restoran cepat saji itu? Kemudian, kantin-kantin kecil akankah mulai terpinggirkan? Kemudian, semua hilang dan mau tak mau beralih pada restoran-restoran yang notabene mahal itu.

Ada hal-hal yang saya khawatirkan. Pertama, disaat pendidikan mahal banyak anak-anak putus sekolah dan tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi alias Perguruan Tinggi dan muncul pemikiran yang hanya tertuju pada uang. Seperti di sekitar kampus saya yang banyak anak putus sekolah harus menjual tisu, minuman dan sebagainya. Dan tanpa sadar mereka terbiasa dengan kebiasaan mencari uang bukan mencari ilmu.