Apa Pendapat Anda Tentang Perbedaan Mural Dengan Grafitti?

berasal dari bahasa latin (murus) yang artinya dinding. Seni Mural adalah lukisan yang ditorehkan di dinding, langit-langit atau panel yang melekat pada dinding. Tekniknya beragam, bisa teknik melukis yang menggunakan cat dan kuas, mozaik atau fresco. Apa perbedaan mural dengan grafitti dan bagaimana ciri-cirinya?

Berasal dari bahasa latin (murus) yang artinya dinding. Seni Mural adalah lukisan yang ditorehkan di dinding, langit-langit atau panel yang melekat pada dinding. Tekniknya beragam, bisa teknik melukis yang menggunakan cat dan kuas, mozaik atau fresco.
Mural berbeda dengan graffiti, karena graffiti memakai teknik cat semprot (spray-can art). Visual yang dihasilkan oleh graffiti adalah seni rangkaian huruf (hampir sama dengan kaligrafi). Kata graffiti berasal dari kata graffito yang artinya visual yang digoreskan di atas sebuah permukaan. Bentuk seni ini menjadi pilihan bagi sekelompok orang yang ingin menorehkan identitas atau pikirannya di ruang publik kota.

Perkembangan Mural modern di Indonesia berkembang pesat pada masa awal kemerdekaan. Saat itu penggunaan Mural sebagai pembakar semangat rakyat untuk berjuang, maka dibuatlah banyak Mural bertema nasionalisme. Pada masa orde baru, Mural lebih banyak dibuat untuk berkampanye pembangunan atau proyek pemerintah.

Di luar negeri, seni Mural berkembang pesat di beberapa tempat, yaitu benua Amerika dan Amerika Latin. Tema yang biasa digunakan untuk membuat Mural di luar negeri, biasanya tentang pendidikan atau kampanye perdamaian. Anehnya, negara yang (katanya) serumpun dengan kita, perkembangan seni Mural sangat jarang (bisa dibilang tidak ada). Kenapa? Karena di negara Malaysia dan Singapura tidak mudah memakai ruang publik untuk ajang ekspresi.