Apa pendapat anda mengenai adegan di Cheese and Trap yang menceritakan mengenai sulitnya bekerja dalam tim saat kuliah?

chese
Dalam salah satu episode di chese in trap terdapat konflik yang melanda Hong Seul yang merupakan tokoh utama saat memperoleh tlugas kelompok pada matakuliah Manajemen yang diampu oleh Mrs.Kang. Sayangnya kelompok Hong Seul yang terdiri dari empat orang sangat sulit untuk bekerja dalam kelompok. Dalam cerita digambarkan bahwa terdapat seorang senior pria yang sangat malas tetapi tidak ingin memperoleh nilai jelek karena sudah mengulang mata kuliha tersebut. Senior tersebut sangat bersyukur memperoleh teman satu kelompong Hong Seul yang merupakan siswa pandai dan rajin. Tidak berhenti disitu, Hong Seul juga harus menerima kenyataan bahwa kedua teman satu kelompok yang merupakan wanita tidak juga banyak membantu. Alasan sakit tetapi sanggup mengerjakan tugas individunya dan diganggu adiknya hingga laptopnya rusak merupakan alasan yang harus Hong Seul dengar.

Tugas sudah dibagi, beberapa kali meeting direncakan tetapi tidak juga terealisasi dengan baik. Saat malam sebelum presentasi Hong Seul berusaha menghubungi seluruh anggota tim, tetapi hasilnya nihil. Pada akhirnya ia mengerjakan sendiri, hingga begadang. Saat dikelas ketga temanya tersbeut hanya saling menyalahkan satu sama lain dan meminta maaf. Sayangnya tim adalah tim, presentasi mereka gagal karena tidak ada anggota kelompok yang menguasai materi. Hasilnya Hong Seul harus menerima nilai D.

Cerita tersebut tentu sangat mengambarkan masalah di bangku sekolah atau perkuliahan. Dimana akan ada kelompok yang menyiksa anggota kelompok lainya. Merasa hidupnya akan aman dan melupakan bahwa kelompok seharusnya seperti tubuh yang saling berkoordinasi sambil menjalankan tugas pribadi masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda? Adakah film lain yang menceritakan mengenai konflik nyata mahasiswa?

Kejadian tersebut memang sangat sering terjadi dibangku sekolah, baik SD, SMP, SMA, ataupun perkuliahan. Tetapi menurut saya anak SD akan melakukan tugas sekolah baik individu maupun kelompoknya dengan lebih baik daripada jenjang sekolah di atasnya. Ketika kita masih SD, terutama jika sudah kelas 4 keatas, akan menganggap tugas adalah tanggung jawab yang harus dikerjakan sebagai mana mestinya. Tentu kita masih mengingat ketika duduk dibangku SD kita akan melaporkan kepada guru jika ada yang mencotek atau tidak mengerjakan PR. Masih suka saling adu, tetapi saya rasa itu baik-baik saja karena kenyataanya hanya akan marah sejenak kemudian kembali bermain kembali. Tetapi semakin kita besar tugas adalah beban. Dimana kita sering membebankan tanggung jawab kita kepada teman kita dengan alasan persahabatan atau kemanusiaan. Miris ketika hal tersebut terjadi karena akan merugikan pihak lain.
Contoh film lain mengenai konflik nyata mahasiswa adalah di film 5CM yaitu adegan yang dialami Ian yang diperankan oleh saykoji. Ia menjadi seorang mahasiswa tingkat akhir yang tidak kunjung lulus akhirnya dibantu oleh dosenya agar skirpsinya lancar. Hal tersebut nyatanya terjadi di dunia maya saat mahasiswa mendekati kata DO karena terlalu lama tidak lulus-lulus dosen akan membantu mereka.