Apa obat sakit gigi untuk anak yang sebaiknya diberikan?

Apa obat sakit gigi untuk anak yang sebaiknya diberikan?

Jika Si Kecil yang mengalami sakit gigi, biasanya orang tua yang panik langsung mencari obat bebas untuk sakit gigi atau memeriksakannya ke klinik tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan banyak hal. Padahal, ada beberapa perawatan mandiri yang bisa dilakukan sebelum membawa anak ke dokter gigi.
Orang tua boleh saja memberikan pereda sakit seperti ibuprofen atau acetaminophen sebagai obat sakit gigi untuk Anak, namun selain itu masih ada yang lebih disarankan. Penanganan yang disarankan tersebut lebih dianggap sebagai bentuk perawatan mandiri dalam mengelola sakit gigi, yaitu:
Berkumur menggunakan air hangat. Lanjutkan dengan membersihkan sisa-sisa makanan atau plak yang terselip di antara gigi dengan memakai benang gigi.
Untuk memberikan efek mati rasa, oleskan minyak cengkeh pada kapas kecil dan tempelkan di gigi yang mengalami sakit.
Kompres pipi dengan air dingin jika sakit gigi yang timbul merupakan akibat trauma pada gigi.
Yang perlu diketahui adalah jangan pernah memberikan obat aspirin pada anak atau remaja karena obat ini meningkatkan risiko terjadinya sindrom Reye. Sindrom Reye adalah kondisi serius yang jarang terjadi yang ditandai dengan timbulnya pembengkakan di otak dan hati. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan aspirin pada anak.
Jika aneka perawatan di atas belum bisa meredakan sakit gigi Si Kecil, maka segera periksakan dirinya ke klinik gigi guna mendapatkan penanganan yang lebih spesifik. Beberapa tanda bahwa orang tua sebaiknya membawa anak menemui dokter gigi adalah ketika sakit gigi tidak kunjung mereda setelah dua hari lamanya. Dokter gigi juga sebaiknya menjadi pelabuhan untuk berkonsultasi ketika sakit gigi makin parah yang diikuti dengan munculnya demam, nyeri telinga, atau nyeri saat membuka mulut dengan lebar.