Apa nama teknologi yang baru saja diciptakan dalam pengeboran gigi?

dentistry_poster_dentist_stylized_muscle_tooth_icon_32519

Banyak orang yang sejak masih anak-anak hingga dewasa memiliki dentofobia, yaitu ketakutan kepada dokter gigi, bahkan tidak sedikit anak kecil yang mulai panik dan menangis begitu memasuki klinik dokter gigi. Hal ini sebetulnya bukan tidak beralasan, karena bisa jadi mereka ketakutan mendengar suara melengking yang dihasilkan oleh bor gigi. ada teknologi baru dalam hal ini, apa namanya?

Kini ada sebuah proses penambalan gigi yang tidak lagi perlu melalui proses pengeboran. Beberapa ilmuwan Inggris yang berada di dalam perusahaan Reminova, yang berbasis di Perth, Skotlandia, telah menciptakan teknologi yang bisa melakukan remineralisasi email gigi untuk memperbaiki pembusukan gigi tanpa rasa sakit.

Salah satu ahli gigi di King College London bernama Rebecca Moazzez berkata, “Selama ini kita mengenal proses ‘tradisional’ dalam mengatasi lubang di gigi, yaitu pengeboran dan mengisinya dengan tambalan. Satu hal yang menjadi masalah adalah tambalan ini tidak bersifat permanen, sehingga pasien harus sering kali kembali ke dokter gigi untuk melakukan penambalan ulang.”

Teknologi yang dimiliki oleh Reminova bisa membuat proses remineralisasi menjadi lebih cepat, yaitu dengan menggerakkan kalsium dan mineral fosfat yang sehat ke dalam enamel gigi, setelah itu secara alami kalsium dan mineral fosfat akan mengikat dan menambah enamel yang ada dan diharapkan tidak berkembang ke proses penambalan gigi.

Walaupun teknologi remineralisasi email pengganti bor gigi ini terdengar sudah canggih dan tidak sakit, proses ini tetap tidak bisa mengganti perawatan yang dilakukan oleh menyikat gigi dan pembersihan secara teratur untuk senantiasa menjaga kesehatan gigi Anda ya.

Sumber: Britannica, CNN.com