Apa manfaat Vitamin D untuk kesehatan tubuh manusia?


Setiap manusia pasti memerlukan asupan vitamin yang lengkap setiap harinya mulai dari Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E hingga Vitamin K. Fungsi vitamin dalam tubuh ini sangat penting untuk menjaga kesehatan organ-organ yang ada dalam tubuh manusia hingga mencegah beberapa jenis penyakit. Salah satu vitamin yang penting untuk dikonsumsi oleh manusia adalah vitamin D. Apa sajakah manfaat dari vitamin D tersebut?

5 Manfaat Vitamin D bagi Kesehatan Tubuh

Secara umum mungkin Anda sudah mengetahui bahwa vitamin D berfungsi sebagai pembentukan tulang dan gigi mansia agar lebih baik dan kuat. Vitamin D bisa Anda temukan pada makanan, seperti ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Bahkan, sinar matahari pagi juga mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh.

Itulah salah satu manfaat vitamin D. Berikut beberapa manfaat vitamin D lainnya yang bisa Anda ketahui.

  1. Menjaga kekebalan tubuh Anda
    Perlu Anda ketahui bahwa manfaat vitamin D, yaitu terdapat kandungan molekul aktif yang disebut kalsitriol. Fungsinya bagi metabolisme tubuh, yaitu membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang dan otot. Selain itu, kalsitriol berfungsi sebagai immuno modulator yang membantu menjaga kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu, Anda yang tidak ingin menderita sakit-sakitan alangkah baiknya mengkonsumsi makanan, seperti sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin D. Hal itu bertujuan agar tubuh Anda selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Beberapa penyakit ringan, seperti demam, flu, pilek, sakit kepala, maupun masuk angin akan jarang menyerang tubuh Anda karena sudah terlindungi oleh vitamin D dalam tubuh.

  2. Mencegah kanker payudara
    Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok yang menakutkan bagi semua wanita. Penyakit ini menyerang salah satu organ tubuh wanita yang sangat dibangga-banggakan dan sebagai daya tarik, yaitu payudara. Biasanya, sel kanker hanya menyerang satu bagian payudara saja. Namun, tidak menutup kemungkinan akan menyerang sepasang payudara wanita karena sel-sel kanker sudah berkembang dengan cepat. Jika sudah dalam stadium lanjut yang parah, akan dioperasi dengan mengangkat sel-sel kanker beserta payudaranya sekalian. Hal itu tentu tidak Anda inginkan, bukan?

  3. Meremajakan kulit Anda
    Anda dapat mengkonsumsi asupan makanan alami yang mengandung vitamin D, seperti ikan, telur, dan margarin. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D secara rutin berarti persediaan vitamin ini di dalam tubuh dapat terjaga. Akibat positifnya, yaitu membantu pada peremajaan sel-sel kulit tubuh Anda. Dengan begitu, kulit tubuh Anda lebih sehat dan terlihat segar. Terutama untuk vitamin D2 dan D3 yang dapat mencegah gangguan pada kulit, seperti psoriasis. Kandungan vitamin ini biasanya tercampur dalam bahan produk perawatan dan kecantikan tubuh yang biasa Anda pakai. Oleh karena itu, saat Anda membeli produk-produk kecantikan kulit, sebaiknya Anda mengeceknya terlebih dahulu, apakah mengandung vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kulit tubuh Anda atau tidak. Pilihlah yang mengandung vitamin D serta kandungan bahan-bahan alaminya banyak. Dengan begitu, produk kecantikan yang Anda pakai ikut mambantu memberikan asupan vitamin D pada kulit tubuh Anda.

  4. Mengobati penyakit osteomalacia
    Osteomalacia adalah penyakit yang dapat ditemui pada jaringan manusia. Penyebab utamanya, yaitu proses pembentukan lapisan mineral pada tulang manusia tidak berfungsi dengan normal. Tulang baru terbentuk tanpa adanya lapisan yang mendukungnya, sehingga tulang menjadi lunak serta mudah retak dan patah. Kondisi tulang seperti itu tentu sangat rawan erjadi kecelakaan. Apalagi bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Osteomalacia biasanya diidap oleh orang dewasa, seperti hamya penyakit osteoporosis pada orang lanjut usia.

  5. Mencegah rakhitis bagi anak-anak
    Usia anak-anak merupakan waktu di mana susunan tulang sudah tumbuh dan berkembang. Pada usia ini sangat perlu diperhatikan asupan berbagai makanan yang dikonsumsi anak-anak. Jangan sampai hanya makanan pengenyang perut saja yang diberikan. Sementara makanan sehat, seperti sayuran dan vitamin dilupakan oleh para orang tua. Oleh karena itu, perbanyaklah memberikan makanan yang menyehatkan pada anak Anda.

Sumber : Manfaat Vit D