Apa Manfaat steam towel face cleansing bagi kecantikan?

image

Steam towel face cleansing merupakan salah satu cara untuk membersihkan wajah dengan menggunakan handuk hangat. Cara ini dianggap mudah sehingga direkomendasikan sebagai salah satu bentuk perawatan kulit yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Cara Melakukan Steam towel face cleansing

image

  1. Jika wajah masih dalam kondisi menggunakan makeup, bersihkan terlebih dahulu menggunakan cleansing milk, lalu cuci muka dengan fasial wash.

  2. Persiapkan steam towel. Lipat face towel menjadi setengah bagian, lalu gulung. Basahi handuk dengan air, peras hingga tidak ada air yang menetes.

  3. Bungkus handuk dengan plastic wrap atau aluminium foil, panaskan dalam microwave (500W atau 600W) kurang lebih sekitar 30 detik - 1 menit.

  4. Keluarkan handuk dari dalam micorwave, diamkan sejenak hingga handuk berada dalam suhu yang pas (tidak terlalu panas & tidak terlalu dingin).

  5. Letakkan handuk hingga menutupi seluruh permukaan muka, tekan secara perlahan dengan kedua telapak tangan, biarkan kurang lebih selama 3 menit.

  6. Angkat handuk lalu aplikasikan moisturizer pada wajah. Pada saat ini kondisi pori-pori kulit wajah sedang terbuka lebar, sehingga serum atau moisturizing cream yang kamu aplikasikan dapat terserap baik ke dalam kulit.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Steam Towel

Meskipun cara ini dinilai sangat mudah untuk diaplikasikan di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Jangan terlalu lama memanaskan handuk. Pastikan untuk selalu mengecek apakah suhu handuk sudah pas sebelum diaplikasikan ke wajah.

  2. Gunakan air mineral (air matang) untuk membasahi handuk.

  3. Batasi penggunaan steam towel setidaknya seminggu 2 kali.

  4. Selalu gunakan handuk bersih. Usahakan juga untuk tidak menggunakan handuk yang dicuci menggunakan deterjen/softener dengan aroma yang terlalu tajam.

Setelah mengetahui cara melakukan steam towel face cleansing dan hal-hal yang perlu diperhatikan. Kita juga perlu mengetahui apa manfaat steam towel face cleansing bagi kecantikan?

Berikut ini beberapa manfaat dari Steam Towel Face Cleansing :

  1. Membersihkan Kotoran Pada Pori-Pori & Melembutkan Kulit Wajah
    image
    Selain membuat kulit menjadi lebih lembut, suhu hangat yang diberikan steam towel dapat membantu membuka pori-pori kulit wajah. Dengan begitu maka kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, yang juga menjadi salah satu penyebab utama jerawat dan komedo, dapat dibersihkan dengan lebih mudah.

  2. Meningkatkan Sirkulasi Darah
    image
    Peredaran darah yang tidak lancar bisa menjadi salah satu penyebab dari kulit kusam, mata panda, dan juga pembengkakan yang terjadi pada wajah. Steam towel dapat membantu melancarakan peredaran darah di area muka sehingga membuat tampilan wajah jauh lebih fresh.

  3. Membantu Penyerapan Produk Perawatan Kulit
    image
    Selain membantu mengangkat kotoran pada pori-pori kulit, steam towel juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Tekstur kulit wajah menjadi lebih lembut sehingga produk perawatan kulit seperti krim wajah atau serum dapat menyerap lebih sempurna. Dengan begitu penggunaan produk perawatan kulit menjadi lebih efektif.

Manfaat dari steam towel face cleansing adalah :

  1. Memperlambat penuaan dan membuat kulit bercahaya
    Steam membantu mengatasi efek yang disebabkan oleh sebagian besar produk anti-penuaan. Produk-produk ini mengandung kadar asam glikolat, salisilat, dan retinol yang tinggi yang meskipun bermanfaat bagi kulit, tetapi dapat mengurangi produksi minyak. Hal ini menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan kendor. Panas dari uap melembutkan jaringan kolagen dan elastin di sekitar pori-pori yang meningkatkan produksi dan mendorong regenerasi sel, mendorong pengembangan kulit baru yang lebih muda.

  2. Meningkatkan sirkulasi darah
    Darah dalam tubuh diatur pada suhu tertentu ketika terlalu panas kulit bisa berubah menjadi merah dan jika terlalu dingin, kulit menjadi putih. Panas dari uap memicu reseptor kulit yang berkomunikasi ke otak dan mengirimkan perintah ke pembuluh darah untuk mengembang dan memungkinkan darah mengalir ke wajah dan mendinginkannya ke suhu normal. Peningkatan aliran darah membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen yang menambah kehidupan sel-sel kulit dan mencerahkan wajah.

  3. Mendorong keringat
    Uap bekerja pada jaringan ikat di sekitar pori-pori dan merangsang sumbat pori-pori keringat. Keringat itu membawa racun, kotoran, dan hal-hal lain yang mungkin telah menyumbat pori-pori ke permukaan kulit

  4. Meningkatkan difusi
    Uap menghangatkan area di sekitar pori-pori sehingga memungkinkan produk-produk perawatan menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Minyak atsiri bersifat mikro molekuler dan mampu meresap lebih cepat di pori-pori yang sangat reseptif. Namun, harus menggunakan produk yang benar yang bermanfaat daripada menggunakan yang akan menyumbat lebih lanjut.

  5. Memberikan relaksasi
    Penggabungan herbal dan minyak esensial dalam rendaman wajah membantu memberikan lingkungan aromaterapi yang menghilangkan stres yang merupakan salah satu penyebab utama wajah kusam.

  6. Meningkatkan penyerapan vitamin D
    Sinar matahari yang baik memberi wajah vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk menguatkan tulang dan memberikan kekebalan. Ini juga menurunkan kadar hormon kortisol yang bertanggung jawab untuk stres, memicu hormon serotonin yang meningkatkan suasana hati yang baik dan mengobati jerawat, eksim, dan psoriasis yang terutama mempengaruhi kulit. Mengukus wajah membantu menyingkirkan kulit mati dan minyak yang mungkin muncul di wajah dan menghalangi masuknya sinar matahari ke kulit.

  7. Menghilangkan racun dan kotoran
    Wajah biasanya terkena radikal bebas di lingkungan terutama dari sinar UV. Penggunaan tabir surya memang menawarkan beberapa bentuk perlindungan tetapi diproduksi secara sintetis sehingga mengandung bahan kimia dan racun yang mempengaruhi kulit. Uap mengaktifkan area di sekitar pori-pori serta mendorong keringat yang menghilangkan racun dari wajah.

  8. Penghapus riasan
    Steam wajah membuka jaringan di sekitar pori-pori yang berarti bahwa itu melampaui pori-pori dan mampu menghilangkan riasan yang macet yang mungkin telah menyumbat pori-pori. Riasan mengandung racun dan bahan kimia yang biasanya menggelapkan kulit seiring waktu.

  9. Melembabkan
    Dehidrasi menyangkal wajah kelembaban yang sangat dibutuhkan untuk regenerasi sel mengering bahkan kelenjar sebum yang paling penting. Itu menjadi sangat keras dan seringkali kulit memiliki bercak-bercak bersisik yang disebut komedo. Mengukus membantu menstimulasi kelenjar minyak dan meningkatkan sirkulasi, sirkulasi melembutkan lapisan kulit mati dan menghilangkannya memberi kulit lembab baru.

  10. Perawatan jerawat- untuk menghilangkan komedo
    Kulit secara alami melembabkan dirinya sendiri melalui banyak kelenjar sebaceous-nya. Namun kelebihan produksi minyak oleh kelenjar dan adanya sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan stagnasi mendorong pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan kulit. Pori-pori yang terkunci menyebabkan komedo, komedo, dan jerawat.

    Steam wajah membantu melembutkan lapisan luar kulit yang mungkin memiliki sel kulit mati, bakteri, dan kotoran. Ini juga mendorong keringat yang juga membantu menghilangkan lebih banyak racun.

    Ini juga melembut dan membawa ke permukaan komedo dan komedo sehingga mereka dapat dengan mudah dihilangkan alih-alih meremasnya yang sering meninggalkan bekas luka.

Facial merupakan perawatan kulit untuk wajah yang biasanya ditangani ahli estetik kulit yang berlisensi, untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas kulit wajah. Wajah menjadi subyek dari elemen-elemen dari luar seperti matahari dan asap. Dengan facial wajah, Anda akan mendapatkan perawatan penuh oleh spesialis perawatan kulit yang profesional yang akan menganalisis kulit Anda, membantu meningkatkan kualitas kulit, dan memberikan saran tentang cara merawat kulit.

Facial wajah tentunya memberikan beberapa manfaat. Facial bermanfaat mengatur sistem imun, detoksifikasi kulit, dan mengurangi jumlah minyak yang terbentuk di dalam wajah, dan sebagai obat stress khususnya yang memiliki fasilitas aromaterapi, drainase kelenjar getah bening, perawatan dan akupuntur. Drainase membantu melepaskan racun yang terbentuk di dalam tubuh.

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari facial. Berikut ini beberapa manfaat facial yang perlu untuk diketahui:

1. Pembersihan Kulit Wajah secara Menyeluruh

Facial berguna untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Facial dan pijat dengan krim dan bahan lain dapat membersihkan kulit secara mendalam daripada yang biasa Anda lakukan di rumah. Cleansing facial membuka pori-pori, melunturkan kulit mati dan racun dari wajah, dan membersihkan permukaan wajah dengan berbagai macam pembersih yang juga mengencangkan kulit. Layanan facial seperti pengangkatan pori akan mengurangi kemungkinan munculnya jerawat. Spesialis kulit Anda akan membantu melembutkan kulit dengan steam, handuk lembab yang hangat, enzim atau perawatan untuk membantu pengelupasan kulit lainnya.

Kadang Anda jengkel dengan jerawat yang memenuhi wajah, atau noda-noda hitam akibat terpaan sinar matahari, atau masalah kulit wajah lain, facial secara regular dapat menyelesaikan masalah ini. Facial dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, karena menghilangkan kotoran dan komedo. Kecantikan wajah pun akan Anda dapatkan.

Beberapa orang sering salah dalam memilih produk untuk kulit mereka. Pemakaian produk perawatan kulit yang salah dapat menimbulkan berbagai macam dampak negatif, salah satunya yang sering terjadi adalah iritasi kulit. Menjalani facial akan membantu Anda dalam memilih perawatan kulit yang tepat untuk kulit Anda. Tipe kulit ditentukan oleh ukuran, pola dan tekstur pori-pori. Selain itu, juga ditentukan oleh produksi minyak yang bernama sebum.

2. Layanan Pemijatan atau Massage

Layanan facial biasanya meliputi pemijatan. Pemijatan ini sangat bermanfaat bagi sirkulasi darah. Pemijatan selama facial juga membantu memperlancar aliran kelenjar getah bening, dan merelaksasikan otot-otot wajah yang dapat memperlambat munculnya kerutan pada wajah. Sel-sel kulit juga terbaharui dengan menggunakan teknik ini. Pemijatan juga dapat mengurangi bengkak-bengkak dan kulit yang mengendur di bagian wajah. Tentunya facial menjadi pilihan yang tepat untuk perawatan wajah Anda.

3. Menghambat Penuaan Dini

Facial wajah berfungsi untuk membantu meningkatkan sirkulasi dan menstimulasi kulit. Dengan perawatan khusus, facial juga dapat menjaga kelembaban kulit dan membantu memperlambat penuaan dini. Facial merupakan perawatan preventif untuk mencegah kerutan pada kulit. Perawatan yang digunakan menggunakan laser atau IPL ( Intense Pulse Light ) membantu membuang kulit mati dan memacu pertumbuhan dan perkembangan kolagen dan sel kulit. Contoh dari perawatan laser yang umum adalah DermaWand, Oxylight, dan Baby Quasar.

4. Sebagai Relaksasi

Facial juga bermanfaat untuk tujuan relaksasi. Layanan spa menawarkan suasana yang nyaman yang akan mengurangi stres. Facial tidak hanya membersihkan, tetapi juga menyejukkan kulit Anda. Berbagai macam perawatan wajah dalam facial akan meningkatkan sirkulasi aliran darah, dan dengan produk yang bermacam-macam aromaterapi dan minyak mampu memberikan aroma wangi dan kesegaran serta meredakan stress yang membuat pikiran tenang dan damai. Ketika Anda merasa nyaman dengan kulit Anda, secara tidak langsung itu akan mencerahkan kulit anda.

5. Membuat Rileks

Proses facial yang dilakukan akan membuat Anda merasa nyaman dan santai. Proses pemijatan pada saat facial yang menggunakan krim tertentu yang bersifat aromaterapi serta membuat kulit menjadi lebih lembab akan membuat Anda merasa lebih tenang dan nyaman. Dengan begitu, stress pun akan menjauh, pikiran akan menjadi lebih rileks dan nyaman.

6. Membuat Lebih Percaya Diri

Kesegaran kulit yang Anda dapatkan dengan melakukan facial, ditambah lagi penampilan kulit wajah Anda yang terlihat lebih sehat, terawat dan awet muda, tentunya akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri. Setidaknya, hal itulah yang dirasakan banyak perempuan yang telah menjadikan facial sebagai perawatan rutin untuk kecantikannya.