Apa manfaat rice bran oil bagi wajah?

Minyak tumbuhan dapat menjadi solusi bagi berbagai masalah kulit wajah. Salah satunya adalah rice bran oil. Apa manfaat rice bran oil bagi wajah?

Rice bran atau yang biasanya disebut dengan ‘bekatul’ adalah serbuk halus yang melapisi bulir beras dalam biji padi. Ketika diolah menjadi minyak, manfaat utama rice bran oil adalah kemampuannya untuk melembapkan kulit secara menyeluruh karena kandungan vitamin E dan fatty acid yang tinggi. Karena sifatnya yang melembapkan dan teksturnya yang ringan, serta cepat menyerap, minyak ini cocok untuk digunakan oleh pemiliki kulit kombinasi. Selain itu, rice bran oil juga mengandung squalane yang akan membantu area wajah yang berminyak untuk memproduksi minyak lebih sedikit. Jadi, kamu dapat dengan tenang melembapkan kulit tanpa perlu khawatir area wajah yang berminyak akan semakin berminyak.

Rice Bran Oil yang Kaya Antioksidan
Rice bran oil kaya akan vitamin, nutrisi, dan antioksidan. Kini, hampir semua produk skin care, facial, hingga makeup berlabel kata “antioksidan”, yang mana bisa berfungsi sebagai vitamin untuk menangkal radikal bebas. Namun bedanya, kandungan antioksidan dari krim kemasan kerap tercampur bahan kimia lain, dan mengurangi manfaatnya pada kulit. Sebaliknya, rice bran oil, kandungan antioksidannya sangat alami dan kaya manfaat. Mengapa kandungan antioksidan dalam rice bran oil bisa tinggi? Jawabannya karena kandungan aktif di dalam minyak bekatul padi salah satunya bernama Gamma Oryzanol, dan kandungan ini terkenal sangat kaya antoksidan. Kandungan lainnya adalah Tocotrienols, dan ini kaya akan vitamin E, juga antioksidan alami yang sangat kuat. Sejumlah kandungan-kandungan lain yang ditemukan dalam rice bran oil memang punya antoksidan yang besar, seperti Ferulic Acid yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, juga Phytosterols, kandungan yang dikatakan mempunyai kandungan antikosidan 10 kali lebih tinggi dari vitamin E.

Tabir surya alami
Rice bran oil juga memiliki kandungan yang membuatnya berfungsi sebagai tabir surya alami dan menjaga kulit dari faktor-faktor luar yang berbahaya, seperti angin, debu, dan polusi kota. Komponen Gamma Oryzanol di dalamnya dapat menghambat kemajuan pigmentasi melanin dengan menahan aktivitas eritema tirosinase, singkatnya, ini membuat rice bran oil bisa diaplikasikan untuk semua jenis kulit dan cocok untuk dijadikan berbagai produk tabir surya.

Menghaluskan kulit
Rice bran oil ini mempunyai afinitas alami dengan kulit, membuatnya jadi mudah berbaur, lebih mudah menyerap, melembapkan, dan tidak berminyak setelah aplikasi. Selain skincare, dalam produk makeup pun hasil akhirnya sangat lembut, seperti pada lipstik misalnya, teksturnya akan berbaur sempurna dan sangat lembut. Karena kandungan lemak jenuh pada minyak bekatul padi cukup tinggi, maka oil ini bisa meremajakan kulit wajah pada orang dewasa, begitu juga untuk kulit sensitif sekalipun. Minyak bekatul padi juga mempunyai molekul yang kecil, dan inilah yang membuat penetrasi terhadap kulit menjadi lebih mudah.

Menjaga elastisitas kulit dengan rice bran oil
Selain menghaluskan, minyak bekatul padi juga baik untuk menjaga elastisitas kulit, membuatnya tampak lebih bercahaya, dan kencang. Kandungan di dalamnya yang kaya akan vitamin dan antioksidan mampu memperlambat proses penuaan dini, guratan-guratan pada wajah yang biasanya muncul karena faktor usia, hingga keriput. Hal inilah yang membuat minyak rice bran dianggap sebagai salah satu cara cantik alami.

Sumber :