Apa manfaat peregangan sebelum berolahraga?


Sebelum berolahraga biasanya kita melakukan peregangan terlebih dahulu, tapi apa manfaat dari peregangan itu?

1 Like

Ada banyak manfaat melakukan gerakan peregangan tubuh secara teratur.
Stretching atau peregangan tidak hanya dapat membantu meningkatkan fleksibilitas Anda.
Olahraga peregangan juga faktor penting dalam kebugaran, meningkatkan postur tubuh Anda, mengurangi stres dan sakit tubuh.
Berikut manfaat peregangan :

  1. Meningkatkan fleksibilitas Anda
    Peregangan teratur dapat membantu meningkatkan fleksibilitas Anda, yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.
    Meningkatkan fleksibilitas tidak hanya dapat membantu Anda melakukan aktivitas sehari-hari relatif mudah.
    Gerakan peregangan juga dapat membantu menunda berkurangnya mobilitas yang dapat terjadi seiring bertambahnya usia.

  2. Meningkatkan rentang gerak Anda
    Mampu menggerakkan sendi melalui rentang gerak penuhnya memberi Anda lebih banyak kebebasan bergerak. Peregangan secara teratur dapat membantu meningkatkan rentang gerak Anda.
    Penelitian menunjukkan, peregangan statis dan dinamis efektif untuk meningkatkan rentang gerak.
    Meskipun peregangan tipe neuromuskuler proprioseptif (PNF) ada batasnya, tapi manfaat bisa segera diraih.

  3. Meningkatkan kinerja aktivitas fisik
    Melakukan peregangan dinamis sebelum melakukan aktivitas fisik telah ditunjukkan untuk membantu mempersiapkan otot Anda.
    Pasalnya, peregangan dapat membantu meningkatkan kinerja atletik atau olahraga.

  4. Meningkatkan aliran darah ke otot Anda
    Melakukan peregangan secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah Anda.
    Peningkatan sirkulasi meningkatkan aliran darah ke otot-otot Anda, yang dapat mempersingkat waktu pemulihan Anda dan mengurangi nyeri otot (nyeri otot onset tertunda atau DOM).

  5. Memperbaiki postur tubuh
    Ketidakseimbangan otot sering terjadi dan dapat menyebabkan postur tubuh buruk.
    Studi menemukan bahwa kombinasi penguatan dan peregangan kelompok otot tertentu dapat mengurangi nyeri muskuloskeletal.
    Selain itu, mendorong penyelarasan tepat sehingga memperbaiki postur tubuh Anda.

  6. Membantu menyembuhkan dan mencegah sakit punggung
    Otot kencang dapat menyebabkan penurunan rentang gerak Anda. Ketika itu terjadi, Anda meningkatkan kemungkinan ketegangan otot di punggung Anda.
    Peregangan dapat membantu menyembuhkan cedera punggung dengan meregangkan otot.
    Rutinitas peregangan teratur juga dapat membantu mencegah nyeri punggung pada masa mendatang.
    Alasannya, peregangan memperkuat otot-otot punggung Anda dan mengurangi risiko Anda mengalami ketegangan otot.

  7. Menghilangkan stres
    Saat Anda mengalami stres, ada kemungkinan otot Anda tegang.
    Otot Anda cenderung mengencang sebagai respons terhadap stres fisik dan emosional.
    Fokus pada area tubuh Anda ketika menahan stres, seperti leher, bahu, dan punggung bagian atas.

  8. Menenangkan pikiran Anda
    Berpartisipasi dalam program peregangan teratur tidak hanya membantu meningkatkan fleksibilitas Anda, tetapi juga dapat menenangkan pikiran Anda.
    Saat Anda melakukan peregangan, fokuslah pada latihan mindfulness dan meditasi, yang memberikan pikiran Anda istirahat mental.

  9. Membantu mengurangi sakit kepala
    Ketegangan dan stres sakit kepala dapat mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.
    Selain diet tepat, hidrasi cukup, dan banyak istirahat, peregangan dapat membantu mengurangi ketegangan karena sakit kepala.

Sumber : https://wartakota.tribunnews.com/amp/2019/10/31/9-manfaat-peregangan-tubuh-tips-keselamatan-dan-cara-memulai-perengangan

1 Like