© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa Manfaat Perdagangan Internasional Terhadap Konsumsi?

Apa Manfaat Perdagangan Internasional Terhadap Konsumsi?

Akibat langsung dari perdagangan internasional antara lain terbukanya pasar bebas dan menimbulkan tatanan dunia baru ekonomi internasional, dengan produk-produk baru yang mengarah pada pola-pola paradigma neo-liberalisem yang mengakibatkan negara-negara yang sedang berkembang secara tidak langsung tidak dapat memperluas ekspor mereka, malah mereka sebaliknya memerlukan impor barang-barang investasi dan menanggung resiko untuk penghamburan sumber-sumber valuta asing mereka melalui impor karena penggunaan kenaikan money income mereka.

Negara-negara tersebut bahkan harus meminjam dari luar negeri. Tetapi, sangat disayangkan dana yang tersedia dana adalah terbatas, lagi pula tidaklah tepat bila pinjaman itu digunakan untuk pembiayaaan konsumsi, maka itu, demikian menurut Dr. Rault Prebisch, bahwa perkembangan ekonomi yang sebaik-baiknya harus disertai dengan rencana pengganti impor, berupa pembagunan industri-industri domestik untuk menghasilkan barang-barang konsumsi yang biasanya diimpor, dan melakukan perlindungan melalui pengawasan impor selam industri-industrinya belum dewasa. Ternayata banyak persoalan-persoalan lainnya yang disamping penggantian impor.

Perencanan-perencana ekonomi diharapkan pada sumber-sumber yang terbatas, terutama untuk investasi. Apakah sumber-sumber modal sebaiknya dialokasikan pada industri-industri ekspor, atau kepada proyek-proyek soaial seperti jalan-jalan kereta api, pembangkitan tenaga, irigasi yang akan memajukan ekspor? Atau terms of trade jangka panjang akan merugikan hasil-hasil produksi primer sehingga penting sekali untuk membatasi investasi di sektor tersebut mengguntungkan.

Referensi

Apridar. 2007. Ekonomi Internasional. Universitas Malikussaleh Press .