Apa manfaat pegagan bagi kulit?

Pegagan atau gotu kola yang memiliki bahasa latin Centella Asiatica merupakan tanaman yang lazim digunakan sebagai tanaman obat di Indonesia, India, serta beberapa negara Asia lainnya. Namun, pegagan juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan keindahan kulit. Apa manfaat pegagan bagi kulit?

  • Memiliki manfaat peremajaan kulit (mengatasi tanda-tanda penuaan)

Salah satu tanda utama penuaan kulit yaitu menurunnya jaringan kolagen pada kulit. Banyak penyebab kulit keriput di usia muda. Pegagan dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Banyak cara untuk mencegah penuaan dini, pegagan salah satunya. Pegagan dapat digunakan pada kulit yang muda untuk mencegahnya dari penuaan dini. Pada kulit yang tua, ada cara mengatasi kulit keriput dan pegagan juga mampu mengurangi keriput. Pegagan juga mampu mengembalikan kesegaran kulit yang telah hilang.

  • Mengatasi Jerawat

Pegagan juga terbukti efektif untuk mengatasi jerawat. Jerawat banyak dialami oleh pemilik kulit berminyak. Ada banyak cara mengatasi muka berminyak. Konsumsi ekstrak pegagan dengan diminum dapat membantu merawat dan mengurangi jerawat dari dalam. Pemakaian jerawat secara topikal dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Pemakaian secara topikal ini juga dapat digunakan untuk merawat noda – noda bekas jerawat agar memudar.

Sumber: