Apa manfaat menggunakan Expected Monetary Value Analysis di dalam Quantitative Risk Analysis?

gambar
Salah satu teknik yang digunakan dalam Quantitative Risk Analysis adalah Expected Monetary Value Analysis (EMV). Lalu apa manfaat dari menggunakan teknik EMV ini?

Expected Monetary Value atau perkiraan nilai moneter adalah suatu kriteria yang memanfaatkan probabilitas tentang terjadinya situasi masa depan dalam pemilihan alternatif-alternatif keputusan. Dengan kriteria ini, seorang pembuat keputusan harus menganalisis, menghitung perkiraan nilai moneter dari masing-masing alternatif dan memilih alternatif yang menghasilkan perkiraan nilai moneter yang paling tinggi.

Manfaat menggunakan EMV :

  1. EMV memberikan rata-rata outcome dari semua kejadian yang tidak pasti
  2. EMV membantu organisasi dalam memilih keputusan yang terbaik dengan ikuti adanya cadangan keputusan
  3. EMV membantu organisasi dalam menghitung cadangan sumber daya
  4. EMV membantu organisasi dalam membuat keputusan selama proses perencanaan pengadaan
  5. EMV membantu organisasi dalam membuat decision tree analysis. Decision Tree Analysis adalah sebuah teknik menggunakan diagram grafis yag membantu organisasi dalam memahami permasalahan yang ada dan mencari solusi.
  6. Teknik EMV ini tidak memerlukan sumber daya yang mahal, melainkan hanya meminta pendapat dari para expert.
  7. Teknik EMV ini cocok untuk digunakan dalam suatu projek berskala besar karena menyediakan hampir seluruh perhitungan yang dibutuhkan oleh organisasi

Referensi :
https://www.researchgate.net/post/What_are_the_merits_and_demerits_of_using_Expected_Monetary_Value_EMV_technique_for_risk_quantification