Apa manfaat menanam tanaman hias di rumah berdasarkan pengalaman pribadi kalian?

Hai semuanya, perkenalkan nama saya Maria. Aku pemula nih. Mau tanya apa sih manfaat menanam tanaman hias di dalam rumah sesuai dengan pengalaman yang pernah kalian alami sendiri. Kalo ada penggalaman unik juga boleh dibagikan ceritanya? Terima kasih…

Tetap semangat dan jaga kesehatan ya semuanya

Banyak banget sih. Tanaman hias didalam rumah saat ini memang sangat digemari karena dapat membuat rumah terlihat aestetic. Selain itu, tanaman tersebut dapat membantu membersihkan udara didalam rumah mungkin akibat asap rokok atau yang lain. Tanaman yang memiliki bau wangi seperti lavender ataupun bunga melati dapat menjadi alternatif aromateraphy yang bikin rilex. Terima kasih

1 Like

Kalau saya sendiri menanam tanaman hias itu utamanya untuk mengisi waktu luang, jadi saya bisa memanfaatkan waktu itu untuk hal yang positif. Menanam tanaman hias bisa membantu saya untuk bisa merasa tenang dan senang setelah hari yang padat. Saya punya pengalaman, saat saya baru sumpek, saya menyiram dan melihat tanaman hias saya rasanya jadi adem dan tenang. Tanaman hias tentunya untuk keindahan dan keasrian lingkungan. Sejuk sekali rasanya melihat banyak tanaman dengan warna hijau. Hawa sekitar rumah jadi lebih adem. Halaman rumah saya yang awalnya gersang, jadi sedikit sejuk dan hijau.

1 Like

Manfaatnya cukup banyak

Yang pertama, menambah kesan indah pada ruangan yang diberi tanaman hias. Biasanya, bagusnya diletakkan di atas meja, dekat jendela kamar (terkena sinar matahari yang cukup). Tanpa tanaman hias ruangan terkadang terkesan monoton dan membuat bosan.

Yang kedua, menambah sejuk ruangan, sehingga lebih fresh udaranya, betah buat berlama-lama, dan ruangan tidak terkesan pengap lagi.

Yang ketiga, membantu mengurangi stres atau tekanan. Menurut saya pribadi hobi merawat tanaman bisa mengurangi stres. Ketika kita sedang lelah sepulang kerja atau sekolah, di rumah kita disuguhkan tanaman hias cantik membuat perasaan sedikit lebih lega.

Cara merawatnya juga tidak sulit bagi pemula. Sekarang semakin mudah untuk mengakses informasi mengenai cara yang baik untuk menanam tanaman hias sampai media tanam yang cukup mudah di jumpai (dari barang bekas) di internet.

1 Like

Menurut saya, manfaat menanam tanaman hias di rumah itu banyak.

  1. Menambah kesan estetik (keindahan di rumah) sehingga rumah bisa menjadi sejuk dan tidak nampak membosankan.
  2. Melatih kesabaran saya, karena menanam tanaman bukanlah hal yang instan, perlu ketelitian, kesabaran dan ketelatenan dalam menjalaninya.
  3. Membuat saya semakin mencintai berbagai jenis tanaman yang ada.
1 Like

Secara garis besar manfaat menanam tanaman hias dirumah, menambah nilai estetika pada sudut” rumah, sehingga pandangan menjadi lebih Fresh, selain itu dengan menanam tanaman hias akan menjadikan kita berkegiatan positif, yakni melakukan pemeliharaan terhadap tanaman hias, lalu dari menanam tanaman hias beberapa orang mendapatkan keuntungan/ pendapatan tambahan, hal itu dikarenakan sebagian besar tanaman hias memiliki cara budidaya yang cukup mudah, sehingga cukup mudah untuk memiliki anakan baru.

1 Like

Manfaatnya cukup banyak sih bagi saya pribadi dan saya sudah mulai interest dg tanaman sejak dulu tapi makin bertambah semenjak adanya pandemi ini karena banyak waktu luang yang dapat saya gunakan untuk berkebun. Selain untuk mengisi waktu luang biar lebih produktif gak cuma rebahan aja, manfaat lainnya saya jadi banyak belajar dan banyak mengenal jenis tanaman hias yang sebelumnya belum saya ketahui. Saya mulai rajin untuk explore ttg tanaman melalui youtube, instagram, dan blog orang-orang yang expert dibidang tersebut. Tanaman hias juga memberikan kesan estetik ketika kita meletakkannya di bebrapa sudut ruangan, membuat ruangan terlihat sejuk dengan adanya unsur penghijauan, bisa membantu untuk meredakan stres selama skripsian, dan masih banyak lagi.

1 Like

Perkenalkan nama saya Sintya, saya dan ibu saya sangat suka berkebun. Ada beberapa tanaman hias yg kami miliki antara lain, Aloe Vera, anggrek, bunga marigold, sedap malam, Bougenville , lidah mertua, adenium, sukulen, dan masih banyak lagi. Manfaat yg saya dapatkan selain dapat memperindah lingkungan rumah saya ketika saya mumet kuliah ataupun merasa bosan dirumah dengan melihat tanaman hias dapat mengembalikan mood saya menjadi lebih baik. Tidak hanya itu jika kita mengetahui kegunaan dan cara membuat, tanaman hias juga bisa dijadikan obat. Salah satunya bunga marigold bisa dibuat teh atau di ambil ekstraknya bisa menjadi obat sakit tenggorokan , sakit perut ketika menstruasi, dan mendetoks tubuh kita. Alam memberikan banyak manfaat bagi kita maka dari itu kita wajib menjaganya :blush:

1 Like