Apa manfaat melakukan cuci gigi?

Masyarakat awam sering mendengar istilah cuci gigi. Dalam dunia kesehatan gigi, cuci gigi biasa disebut scaling gigi. Scaling gigi tidak hanya melakukan pembersihan gigi saja melainkan ada pengecekan kondisi mulut dan gigi, pembersihan gigi, menyikat gigi, menggunakan benang gigi, pembilasan.

Manfaat melakukan cuci gigi adalah:

  1. Pemeriksaan Kondisi Mulut dan Gigi
    Pastinya pemeriksaan kondisi mulut dan gigi dilakukan sebelum melakukan cuci gigi. Pemeriksaan kesehatan kondisi mulut dan gigi juga memberikan manfaat loh buat anda. Pemeriksaan awal biasanya itu pengecekan apakah kondisi gigi, gusi kamu sehat, pengecekan terkait masalah gigi apakah diperlukan penanganan khusus, dan bagaimana anda harus merawat gigi sesuai dengan kondisi gigi anda. Dengan anda mengetahui kondisi mulut dan gigi melalui pemeriksaan kesehatan gigi maka anda akan tahu perawatan tepat bagi gigi dan mulut anda

  2. Mengurangi Penumpukan Plak dan Karang Gigi
    Pada cuci gigi anda akan dilakukan treatment pembersihan plak dan karang gigi. Plak dan karang gigi yang terbentuk pada gigi anda merupakan hasil dari sisa-sisa kotoran dari makanan dan minuman yang anda konsumsi setiap harinya. Oleh karena itu perlu dilakukan pentingnya mengosok gigi dengan baik dan benar, makanan yang dapat merusak gigi anak, dan menggunakan obat kumur. Jika perawatan rutin yang anda lakukan tidak dapat membersihkan plak dan karang gigi maka bisa menimbulkan karies pada gigi. maka dari itu penanganan dari dokter gigi perlu dilakukan.

  3. Kondisi Gigi Sehat
    Kondisi gigi sehat adalah dambaan setiap orang. Apalagi bagi anda yang memiliki gigi yang putih dan bersih pastinya orang lain pun kagum melihat gigi anda. Secara umum gigi sehat dapat dilihat dengan kondisi gigi anda lengkap, tidak ada karies gigi, saat mengunyak tidak terasa sakit, tidak ada penyebab gigi goyang pada anak, warna gigi putih kekuningan, leher gigi tidak terlihat, tidak terdapat karang gigi dan mahkota gigi utuh. Dengan melakukan kegiatan cuci gigi ke dokter gigi maka gigi anda bisa dikatakan sehat dibandingkan bagi mereka yang tidak melakukan pembersihan gigi secara rutin.

sumber: https://halogigi.com/